get app
inews
Aa Read Next : Kemanunggalan Tni dan Rakyat Terpancar di Hari Pertama Pengerjaan Jalan

Update Terbaru Pasca Gempa Garut 6,5 M, 67 Rumah Rusak di 20 Kecamatan Terdampak

Minggu, 28 April 2024 | 13:03 WIB
header img
Petugas BPBD dan Instansi terkait melakukan pendataan pasca bencana gempa tektoknik berdasarkan laporan dari setiap kecamatan, Minggu (28/4/2024). Foto : istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Gempa berkekuatan 6.5 Magnitudo mengguncang Kabupaten Garut, Sabtu (27/04/2024) sekitar pukul 23.29 WIB. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di laut 151 km barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 km.

Guncangan gempa tidak terasa di beberapa wilayah Kabupaten Garut, namun berdasarkan informasi juga terasa di Jakarta, Bandung, dan wilayah lain di Jawa Barat.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Aah Anwar Saepulloh, hingga pukul 11.55 WIB data sementara akibat gempa ini sebanyak 67 unit rumah terdampak tersebar di 20 kecamatan (27 desa 4 kelurahan) , dan juga menyebabkan 4 unit infrastruktur, di antaranya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk, korban jiwa sebanyak 6 orang luka, diantaranya 2 orang luka ringan di RSU Pameungpeuk, 1 orang warga Kecamatan Cisompet, 1 orang warga Kecamatan Singajaya. dan 2 orang warga Pameungpeuk.

Meski tidak berpotensi tsunami, masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada dan berhati-hati. Informasi terkini, Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, bersama Wakapolres dan rombongan menuju Posko Bencana Cisompet dan  dan sekitarnya, sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Nurdin Yana,  menuju posko dan lokasi kejadian di Kecamata Cilawu, Garut Kota  dan sekitarnya. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Mardiyanto mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada bilamana terjadi gempa susulan.

"Diimbau pula agar senantiasa berhati-hati dalam mem-posting foto, audio dan video kejadian ini. Sebaiknya menyimak arah 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut