get app
inews
Aa Read Next : Ada Selisih Sekitar 41 Ribu DPT di Garut Dari Pemilu Lalu

Masih Banyak Lahan Kritis di Garut Perlu Perhatian Serius

Sabtu, 15 Juni 2024 | 06:44 WIB
header img
Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang berlangsung di Embung Desa Padaawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jum'at (14/6/2024). Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Pj Bupati Garut Barnas Adjidin menekankan pentingnya menjaga kelestarian alam dan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Berdasarkan laporan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Garut, hingga kini masih banyak lahan kritis yang memerlukan perhatian serius di Kabupaten Garut.

Hal itu Barnas sampaikan saat memimpin pelaksanaan Penanaman Pohon Serentak dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 di Embung Desa Padaawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, pada Jumat (14/6/2024).

"Harus ada langkah-langkah yang jelas dan tegas untuk memulihkan lahan-lahan kritis tersebut agar bisa berfungsi seperti lahan lainnya. Dari lahan kritis menjadi lahan sehat," ujarnya.

Barnas mengungkapkan, pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, diperlukan keterlibatan masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon di lahan-lahan kritis. Ia juga mengingatkan pentingnya memelihara pohon yang ada saat ini untuk masa depan yang lebih baik.

"Oleh karena itu kita harus melihat bahwa ini adalah masa depan, kalau tidak kita pelihara kasihan generasi penerus kita akan berat menghadapi tantangan hidrologis yang mengancam," ungkapnya.

Barnas berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, bahkan setiap triwulan, untuk memastikan lingkungan yang sehat bagi masyarakat.

Terakhir, ia berharap masyarakat dapat terus melakukan langkah-langkah dalam menjaga lingkungan sesuai arahan dari pemerintah daerah.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut