get app
inews
Aa Read Next : Sampel Es Krim yang Diduga Racuni Puluhan Siswa SD Diuji BPOM dan Labfor

BPOM Pastikan Susu Formula untuk Bayi yang Ditarik USA dari Pasaran Tak Beredar di Indonesia

Rabu, 23 Februari 2022 | 13:43 WIB
header img
Ilustrasi susu formula bayi.(Foto:Ist)

Lebih lanjut, dikatakan bahwa produk yang diproduksi oleh PT Abbott Nutrition itu, tidak sama dengan yang ditarik di Amerika Serikat. Produk dengan nama dagang  Similac yang beredar di Indonesia adalah Similac Pelengkap Gizi Air Susu Ibu (Human Milk Fortifier/HMF)  bukan merupakan formula bayi.

Maka dari itu, Badan POM memastikan melindungi masyarakat Indonesia. Dengan mengawal dan memastikan penarikan tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Untuk melindungi masyarakat dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, PT Abbott Products Indonesia telah melakukan penarikan sukarela terhadap produk Similac Pelengkap Gizi Air Susu Ibu (Human Milk Fortifier) yang beredar di Indonesia dari tingkat distributor hingga tingkat konsumen," jelas BPOM

Perlu diketahui, Human Milk Fortifier (HMF) merupakan salah satu produk Pangan Olahan Keperluan Medis Khusus (PKMK) yang diformulasi bagi bayi yang sangat prematur (usia kehamilan ibu kurang dari 32 minggu) dan/atau bayi berat lahir sangat rendah (di bawah 1500 gram), dan digunakan harus dengan resep dan di bawah pengawasan dokter spesialis anak.

Badan POM terus mengimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas dan tidak mudah terpengaruh dengan isu yang beredar. Selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut