get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Cegah Penyakit Gagal Ginjal Akut, Peredaran Seluruh Obat Sirop di Garut Dihentikan

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 17:07 WIB
header img
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman bersama Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono meninjau peredaran obat sirop untuk anak di Apotek Garut, Jl Ahmad Yani, Sabtu (22/10/2022).(Foto. Fani Ferdiansyah)

GARUT,iNewsgarut.id – Pemerintah Kabupaten Garut menginstruksikan agar penjualan dan peredaran seluruh obat sirop dihentikan sementara. Intruksi tersebut merupakan tindak lanjut atas surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diterima pemerintah daerah, terkait kandungan cemaran etilen glikol (EG) dan dietelen glikol (DG) pada obat sirop.

"Edaran tersebut dipertegas lagi dengan surat dari Dinkes (Dinas Kesehatan) yang telah disebar ke seluruh lembaga-lembaga kesehatan, apotek, klinik, toko obat, hingga profesi kesehatan," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Sabtu (22/10/2022).

Helmi menyebut penghentian penjualan dan peredaran ini berlaku untuk seluruh obat sirop, bukan hanya lima merk yang direkomendasikan oleh BPOM. Penghentian peredaran di Garut, lanjut dia, berlaku hingga penelitian terhadap seluruh obat sirop selesai dilakukan.

"Solusinya jika ada anak yang sakit adalah menggunakan puyer. Puyer bisa digunakan dengan pemanis yang aman, tentu bisa mengganti peran obat sirop," ujarnya. 

Berdasarkan pengecekan yang dilakukan, Helmi menilai bahwa seluruh apotek atau toko obat hingga klinik telah mematuhi edaran dari pemerintah. "Hari ini kami cek, alhamdulillah semua mengikuti bahwa obat sirop semua tidak dijual dulu, disimpan dulu. Semua obat sirop disimpan karena sekarang dari kemenkes belum selesai melakukan penelitian terhadap seluruh obat sirup yang ada," jelas Helmi.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut