get app
inews
Aa Read Next : Nuri Nurdwi Hikmayanti Anggota DPRD Garut Fraksi Demokrat Siap All Out Menangkan Santri

Aksi Solidaritas Palestina di Garut Galang Donasi Terkumpul Hingga 13 Juta Rupiah

Sabtu, 14 September 2024 | 21:08 WIB
header img
Pelaksanaan kegiatan Gerakan Aksi Solidaritas Palestine (GASOLINE) dengan tajuk tagline "Peace Ride From Garut City to Pacific Ocean from Freedom. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Gerakan Aksi Solidaritas Palestina (GASOLINE) yang digelar oleh _Garut Human Movement (GHM) berhasil menggelorakan semangat solidaritas untuk Palestina, Sabtu (14/9/2024). Acara yang bertajuk Peace Ride From Garut City to Pacific Ocean for Freedom ini dimulai dari Halaman Islamic Center Kabupaten Garut hingga Pantai Sayang heulang, Kecamatan Pameungpeuk.

Acara ini diisi dengan konvoi kendaraan roda dua dan empat, serta penggalangan donasi sepanjang rute yang dilalui. Sebelumnya, GHM juga telah mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Garut beserta  seluruh masyarakat Kabupaten Garut untuk turut berdonasi demi membantu rakyat Palestina.

Berbagai kegiatan turut memeriahkan acara di Pantai Sayangheulang, termasuk Campaign Freedom for Palestine, aksi kebersihan di pesisir Pantai Sayang Heulang, sosialisasi bencana megathrust, donor darah, dan bazar UMKM.

Camat Pameungpeuk, Dadang Muhidin, menyatakan dukungan penuh terhadap GASOLINE dan berharap kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas bagi masyarakat khususnya sesama muslim di Palestina. Dadang juga mengapresiasi penggalangan dana yang dilakukan untuk disalurkan melalui BAZNAS.

"Gerakan ini perlu digelorakan dan perlu ditindaklanjuti dengan dukungan berbagai pihak sehingga kita ada kontribusi untuk meringankan beban mereka. Karena memang tadi ada juga pengumpulan dana ya, untuk disampaikan melalui BAZNAS ke Palestina," ucapnya.

Ia juga berharap kegiatan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat khususnya di Kabupaten Garut, karena permasalahan di Palestina bukan hanya masalah agama, namun juga masalah kemanusiaan. 

"Jadi ini betul-betul harus kita support, dan harus kita dukung dan kita juga bagaimana memfasilitasi supaya kegiatan ini bisa berjalan lancar dan juga maksimal sehingga kita bisa mengoptimalkan bantuan kita kepada masyarakat yang ada di Palestina," ucapnya.

Ketua Panitia, Aam Moh. Jalaludin, menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara ini. Awalnya, sekitar 200 motor ikut serta dalam konvoi, namun saat tiba di Pantai Sayangheulang, jumlah peserta meningkat hingga lebih dari 500 kendaraan. Total donasi yang terkumpul mencapai Rp13.524.000.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut