get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

LLDIKTI Jabar Dorong Pemerintah Daerah Berikan Dukungan Masuk Perguruan Tinggi

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:23 WIB
header img
Seorang mahasiswa mengendarai sepeda motor di pelataran parkir Kampus Universitas Garut, Jalan Raya Samarang.

GARUT, iNews.id Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat mendorong pemerintah daerah agar memberikan dukungan bagi masyarakat luas untuk masuk ke perguruan tinggi. Kepala LLDIKTI Jabar DR M Syamsuri MT, mengatakan pemerintah berperan dalam memajukan pendidikan tinggi kepada masyarakat. 

"Seperti pemerintah pusat, setiap pemda harus memberikan dukungan masuk ke perguruan tinggi. Kami akan terus berupaya mendorong hal ini ke seluruh pemda," ujar Syamsuri, kepada wartawan di Garut, Selasa (29/3/2022). 

Menurutnya setiap daerah dapat menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. "Kita ingin Kabupaten Garut bisa menghasilkan SDM berkualitas. Jadi tidak perlu jauh-jauh kuliah ke kota bila dukungan pemerintah di daerah agar masyarakat masuk perguruan tinggi berjalan dengan baik," ujarnya. 

Sementara itu, Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, memiliki pandangan senada. Syakur menjelaskan bahwa sebenarnya potensi yang dimiliki masyarakat baik di perkotaan atau pun daerah sama. 

"Mohon maaf, dari sekian ribu pelajar yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi itu bukan karena faktor akademik, tetapi lebih kepada faktor kemampuan secara finansial. Ada banyak orang yang tidak melanjutkan kuliah padahal secara fisik dia sehat, secara akademik dia mampu, namun terganjal kemampuan secara finansialnya," papar Syakur. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut