get app
inews
Aa Read Next : Sepasang Suami Istri jadi Korban Longsor di Cisompet Garut, 1 Meninggal Tertimpa Reruntuhan Rumah

Berlangsung Selama 7 Bulan, Rupanya Ini Gejala Longsor Tutup Lahan Pertanian di Malangbong Garut

Selasa, 05 April 2022 | 16:20 WIB
header img
Lahan persawahan Blok Mandala Cipancur-Talun, Kampung Cibentang, Desa Sanding, Kecamatan Malangbong tertutup material longsor yang terjadi pada Selasa (5/4/2022) pagi.

GARUT, iNews.id Gejala awal dari peristiwa longsor di areal persawahan wilayah Desa Sanding, Kecamatan Malangbong pagi tadi rupanya telah berlangsung sejak lama. 

Kepala Desa Sanding Heri Supriadi, mengungkapkan bahwa longsor persawahan Blok Mandala Cipancur-Talun Kampung Cibentang itu dipicu oleh retakan tanah akibat erosi. 

"Erosi tersebut mengakibatkan penurunan permukaan tanah. Kronologi ini terjadi sejak September 2021, karena saat itu penurunan tanah terjadi," kata Heri kepada wartawan, Selasa (5/4/2022). 

Kondisi retakan dan penurunan permukaan tanah itu, kata dia, semakin parah setelah kawasan itu diguyur hujan dengan intensitas yang sangat tinggi. "Curah hujan yang sangat tinggi secara terus menerus mengakibatkan bencana longsor tersebut," ujarnya. 

Longsor yang terjadi pada pukul 06.00 WIB itu setidaknya membuat lahan seluas 3 hektare tertimbun material tanah. Tidak hanya sawah milik warga, saluran irigasi yang berfungsi untuk mengairi lahan pertanian pun ikut tertimbun. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut