get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Longsor Terjang 2 Wilayah Garut, Pusdalops BPBD Kerahkan 3 Tim Penanganan Bencana

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:34 WIB
header img
Kegiatan peningkatan kapasitas digelar di Pusdalops BPBD Kabupaten Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (29/6/2022).

GARUT, iNews.id  Bencana longsor dilaporkan terjadi di dua wilayah Kabupaten Garut, yakni Kecamatan Cilawu dan Cikajang. Longsor di dua wilayah itu disebabkan oleh tingginya curah hujan yang melanda Garut. 

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Garut setidaknya menerjunkan tiga tim untuk menangani bencana longsor ini. Tiga unit yang berjumlah 25 personel ini meliputi unit data, unit dukung dan tim reaksi cepat. 

Personel Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut pun ikut dilibatkan dalam penanganan bencana longsor tersebut. Koordinasi yang dilakukan BPBD Garut dan TNI ini merupakan latihan dalam kolaborasi terkait peningkatan kapasitas personel dalam menangani sebuah bencana. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satriabudi mengatakan, kegiatan itu difokuskan pada aktivasi pos komando manakala terjadi bencana. 

"Dua bencana longsor ini hanya contoh yang memang diambil dari kejadian sebenarnya. Di Cilawu, memang terjadi longsor yang menimpa TPT pada jalan provinsi pada empat hari lalu, tapi sudah ditangani dengan baik oleh pihak provinsi," kata Budi kepada MPI, Rabu (29/6/2022). 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut