get app
inews
Aa Read Next : UMK Kabupaten Garut Tahun 2024 Alami Kenaikan Sekitar 3,26%

Garut Selatan Jadi Sorotan Wilayah Pembangunan PLTB

Selasa, 12 April 2022 | 10:23 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat bertemu Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen.

BANDUNG, iNews.id Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), terus matangkan rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga bayu atau angin berskala besar dengan Denmark dan nantinya akan dibangun di wilayah Garut Selatan. 

Hal-hal baru terungkap saat pertemuan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dengan Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen, di Gedung Pakuan Bandung, Senin (11/4/2022).

Dalam proyek tersebut, Pemda Provinsi Jabar menggandeng perusahaan turbin angin terbesar di dunia asal Denmark, Vestas Wind System.

"Denmark akan investasi membuat pembangkit listrik tenaga bayu di Garut Selatan, sebesar 400 Mega Watt (MW) di tahap satu," kata Ridwan Kamil usai pertemuannya di Gedung Pakuan Bandung dengan Dubes Denmark. 

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar, ia mengatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) akan dibangun di tiga kecamatan, selain di Kecamatan Pameungpeuk yang telah lebih dulu dikaji, PLTB akan dibangun juga di Kecamatan Cibalong dan Kecamatan Cisompet. 

Lanjutnya, ia menyebutkan, total PLTB Garut selatan akan menghasilkan listrik dari jenis energi terbarukan sebesar 1.600 MW. "Tahap finalnya 1.600 MW," imbuh Kang Emil.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut