get app
inews
Aa Read Next : Gebyar Muharram di Ponpes Miftahul Huda Al Basyariah, Balon Bupati Garut Dudung Sudiana menghadiri

Kerjasama Dengan Pendeta dan Kyai, IKMA-NUH Garut Gelar Dialog Kebangsaan

Senin, 25 April 2022 | 09:31 WIB
header img
IKMA-NUH Garut dengan peserta, narasumber beserta tamu undangan lainnya dalam acara Dialog Kebangsaan dan Buka Bersama di Mesjid Nurul Akhiroh.

GARUT, iNews.id  Dalam rangka ngabuburit menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1443 H, hari Minggu (24/4/2022) Ikatan Keluarga Mahasiswa Nurulhuda (IKMA-NUH) Garut, mengadakan kegiatan Dialog Kebangsaan dan Buka Bersama dengan tema, "Kerukunan dan Moderasi Beragama Dalam Konteks Kemajemukan Indonesia" yang berlangsung di Mesjid Nurul Akhiroh, Gedung MTs/MA Nurulhuda Cibojong, Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Pendeta Kristiani, yaitu Sri Yusuf Wibowo, yang tergabung dalam Forum Kerjasama Kristiani Garut (FKKG), dan juga dengan pengasuh santri Pondok Pesantren (Ponpes) Nurulhuda Cibojong, yaitu KH. Cecep Jaya Karama, yang keduanya menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Saat dikonfirmasi secara langsung oleh wartawan iNews, Koordinator IKMA-NUH Garut, Ujang Wahid Muhammad Abdillah menuturkan, kegiatan hari ini yaitu kegiatan Dialog Kebangsaan dan Buka Bersama, yang mana kegiatan ini merupakan agenda IKMA-NUH di bulan Ramadhan, sebelumnya pihaknya telah mengadakan kegiatan yang lain.

"Dalam kegiatan kali ini kita mengundang dari berbagai unsur agama lain, ada dari Kristiani, juga dari Islam Ahmadiyah, alhamdulilah semuanya bisa hadir dalam kegiatan ini untuk berdialog bersama dan sekaligus bersama membahas isu-isu keagamaan," terang Ujang kepada wartawan.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, kalau dari Islam, narasumbernya yaitu KH. Cecep Jaya Karama, selaku pengasuh santri Ponpes Nurulhuda Cibojong. Sedangkan dari pihak Kristiani, yaitu Pendeta Sri Yusuf Wibowo, dari Gereja Kristen Pasundan.

Sementara itu, Pendeta Kristiani, Sri Yusuf Wibowo, ia menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi luar biasa semangat anak-anak muda membangun tema seperti ini, yakni kesadaran terhadap moderasi beragama.

"Jadi memang ini harus terus dikembangkan dan dilakukan ya semoga kedepannya IKMA-NUH semakin banyak kreativitas mengadakan acara-acara yang seperti ini. Tadi harapannya juga sudah disampaikan tidak hanya menjangkau yang umum, atau mungkin bisa mengundang remaja atau pemuda lintas agama supaya lebih seru lagi," tandasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut