get app
inews
Aa Read Next : Cara Membuat Polling di WhatsApp, Permudah Pengguna Tentukan Pilihan, Begini Caranya

WhatsApp, Facebook dan Instagram Sudah Bisa Digunakan Lagi

Selasa, 05 Oktober 2021 | 08:27 WIB
header img
Aplikasi WhatsApp, Facebook dan Instagram sudah bisa digunakan.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id – Setelah down berjam-jam, akhirnya aplikasi Facebook, Instagram dan WhatsApp sudah bisa digunakan lagi. Untuk Facebook dan Instagram tampaknya mulai pulih dan terhubung kembali sebagian ke internet global pada Selasa (5/10/2021) dini hari WIB. Sementara aplikasi perpesanan WhatsApp baru mulai pulih sekitar pukul 05.30 WIB pagi ini. 

Pemadaman ketiga platform milik Facebook itu, berlangasung sejak menjelang malam tadi, atau hampir 6 jam.  Kelompok pemantau situs web Downdetector menyebut, kejadian tersebut sebagai kegagalan terbesar internet yang pernah ada. Menurut catatan kelompok itu, ada 10,6 juta laporan masalah terkait pemadaman itu secara global. 

BACA JUGA:

WhatsApp, Facebook dan Instagram Down Berjam-jam di Seluruh Dunia

Pakar keamanan mengatakan, gangguan itu bisa jadi sebagai akibat dari kesalahan internal di perusahaan Facebook. Kendati demikian, dugaan sabotase oleh orang dalam secara teoretis mungkin saja terjadi. 

Seorang juru bicara perusahaan Facebook mengatakan, mereka meminta maaf atas masalah tersebut. Namun, pihaknya tidak memberikan penjelasan perinci ihwal penyebab pemadaman aplikasi tersebut. Facebook juga tidak menerangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya. 

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami,” kata Juru Bicara Facebook, Andy Stone, di Twitter. 

“Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucapnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut