Makna Dibalik Pawai Obor Dalam Menyambut Tahun Baru Islam

Hendrik Prima
Pawai obor memperingati tahun baru Islam atau 1 Muharram. Foto iNews.id

GARUT, iNewsGarut.id – 1 Muharram atau tahun baru Islam menjadi momen spesial bagi umat muslim. Di berbagai daerah di Indonesia, tradisi pawai obor kerap dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru Islam yang jatuh setiap 1 Muharram.

1 Muharram disambut penuh suka cita, masyarakat berbondong-bondong membawa sebatang bambu dengan api berada diatasnya menjadikan tradisi ini dikenal dengan pawai obor.

Konon, pawai obor sudah ada sejak dahulu kala. Dan hingga kini, tradisi ini masih terus dilakukan secara turun temurun.

Kegiatan pawai obor bukan sekedar berkeliling sambil membawa lentera obor di tangan. Tapi kegiatan massal yang sudah dilakukan selama beratus tahun ini juga mengandung makna mendalam.

Pawai obor adalah iring-iringan sekelompok orang yang dilakukan dengan berkeliling di jalan raya menggunakan baju muslim sambil membawa obor yang terbuat dari bambu.

Biasanya pawai obor ini diiringi dengan musik rebana dengan gendang berkumandang yang menjadi ciri khas mengiringi iring-iringan masyarakat saat berjalan menuju suatu tempat yang biasanya sudah dipersiapkan untuk memperingati tahun baru Islam.

Pawai obor dilakukan saat malam hari setelah pergantian tahun, karena dalam Islam pergantian hari dimulai sejak tenggelamnya matahari.

Tidak ada aturan ataupun syarat mutlak untuk mengikuti iring-iringan ini, pawai bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, hingga orang tua baik laki-laki maupun perempuan.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network