Langkah Menuju Transaksi Non Tunai Desa-Desa di Garut Dengan Siskeudeus Link

Hendrik Prima
Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Link yang berlangsung di Ruang Rapat Bank BJB Cabang Garut. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Bank BJB mengadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Link pada Selasa (27/8/2024) di Ruang Rapat Bank BJB Cabang Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Idad Badrudin, menyampaikan apresiasinya kepada Bank BJB Pusat atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai langkah persiapan untuk penerapan transaksi keuangan desa secara non-tunai di Kabupaten Garut.

Idad menjelaskan bahwa implementasi aplikasi Siskeudes Link sangat penting bagi desa-desa di Garut, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yang mengharuskan semua proses pembayaran keuangan desa dilakukan secara non-tunai.

"Dari mulai perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, termasuk pelaporan dan publikasinya, itu pun harus dilalui ataupun dilaksanakan secara non-tunai," ungkap Idad.

Dalam FGD ini, pihaknya melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut untuk mendiskusikan fasilitas yang diperlukan dalam mengimplementasikan Siskeudes Link. Ia menegaskan bahwa pihaknya akan segera mempersiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan.

Ia berharap, desa-desa akan menjadi lebih tertib dalam administrasi sehingga tidak ada masalah hukum yang muncul.

"Harapannya kita di desa karena kita orang desa, kita akan tertib administrasi lah insha Allah tidak bermuara di APH (Aparat Penegak Hukum) nah perangkat desa pun, dana desa pun akan bahagia lah di desa," lanjutnya.

Sementara itu, Manajer Divisi Institutional and Wholesale Banking Bank BJB Pusat, Muhammad Reza Harahap, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan layanan Siskeudes Link yang diintegrasikan dengan Bank BJB. Reza menekankan pentingnya dukungan dari DPMD dan Diskominfo Kabupaten Garut agar layanan ini dapat diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Garut.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network