get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Fkominfo Uniga Gandeng KPID Jabar Gelar Workshop Literasi Media

Jum'at, 24 Juni 2022 | 20:50 WIB
header img
Pelaksanaan Seminar Literasi Media bertajuk “Membangun Partisipasi Publik untuk Mewujudkan Pengawasan Semesta” yang dilaksanakan di Aula Fakultas Komunikasi dan Informasi (Fkominfo) Universitas Garut (Uniga).

Bupati Garut sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penyelangaraan acara yang diinisiasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat (Jabar) yang bekerja sama dengan Fkominfo Uniga ini. Karena menurutnya sebuah partisipasi publik itu merupakan sesuatu tindakan yang nyata.

"Saya berterima kasih kepada KPID mengadakan (acara untuk) membangun partisipasi publik untuk mewujudkan semesta dari literasi media, jadi partisipasi publik itu sesuatu kontribusi real (atau) kontribusi nyata baik pikiran maupun perbuatan, (seperti) ada gotong-royong ikutlah berpartisipasi, makanya kalau publiknya tidak (berkontribusi) real (atau) berpartisipasi (maka) pengawasan semestanya akan gagal," tutur Bupati Garut.

Sementara itu, Ketua KPID Jabar, Adiyana Slamet mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mendorong masyarakat khususnya mahasiswa untuk ikut serta dalam pengawasan isi siaran. Apalagi dengan adanya analog switch off atau transformasi tv analog ke digital ini, diprediksi akan muncul stasiun televisi-televisi baru.

"Kami mengharapkan karena kami itu membangun ini ya komunitas yang namanya PIS Jabar (atau) Pengawas Isi Siaran Jawa Barat, (diharapkan) kawan-kawan mahasiswa itu ikut gabung dalam pengawasan isi siaran Jabar itu, karena kami juga akan mengapresiasi masyarakat yang kemudian aktif untuk melaporkan dalam anugerah penyiaran KPID ke-15, tahun kemarin juga kami memberikan aspresiasi," paparnya.

Kaitan dengan literasi media di masyarakat, imbuh Adiyana, pihaknya terus melakukan upaya-upaya agar masyarakat memahami literasi media. Menurutnya, pemberian pemahaman terkait iterasi media ini tidak mudah, sehingga pihaknya harus berkolaborasi dengan semua komponen untuk memberikan literasi ini.

"Karena Jabar ini penduduknya ada hampir 50 juta jiwa gitu ya (dengan) usia produktif yaitu 38,9 juta jiwa, yang kemudian 38,9 juta jiwa itu yang harus kami literated ya, yang tersebar di 27 kabupaten/kota, ini makanya kami harus coba berkolaborasi dengan Uniga, kampus lain ya, Pemerintah Daerah ya (termasuk) Garut," imbuh Adiyana.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut