Logo Network
Network

Fkominfo Uniga Gandeng KPID Jabar Gelar Workshop Literasi Media

Dindin
.
Jum'at, 24 Juni 2022 | 20:50 WIB
Fkominfo Uniga Gandeng KPID Jabar Gelar Workshop Literasi Media
Pelaksanaan Seminar Literasi Media bertajuk “Membangun Partisipasi Publik untuk Mewujudkan Pengawasan Semesta” yang dilaksanakan di Aula Fakultas Komunikasi dan Informasi (Fkominfo) Universitas Garut (Uniga).

GARUT, iNews.id  Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi  kini mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Industri 3.0 yang ditandai dengan sistem komputasi data dan industri 4.0 yang  dicetuskan pada tahun 2000-2005 ketika internet mulai berkembang serta memiliki kecepatan tinggi. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Garut, Rudy Gunawan, di acara Workshop Literasi Media bertajuk "Membangun Partisipasi Publik untuk Mewujudkan Pengawasan Semesta", di Aula Fakultas Komunikasi dan Informasi (Fkominfo) Universitas Garut (Uniga), Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Jum’at (24/6/2022).

Dikatakan Bupati Garut, ia membandingkan terkait infratruktur darat dengan infratruktur udara. Menurutnya, untuk infrastruktur darat masih memiliki banyak kendala sehingga banyak menyita waktu, berbeda dengan infrastruktur udara yang kini semakin mudah diakses dan semakin cepat penyampaian informasinya.

"Misalnya kalau di Garut sekarang kita mau pergi ke Talegong, maka ini memerlukan 3 jam, dari Garut menggunakan jalan darat menuju Pameungpeuk paling cepat pake Patroli Pengawal (Patwal) itu 2,5 jam, tapi infrastruktur udara dalam hitungan detik peristiwa dimanapun cepat terakses," terangnya.

Sambung Rudy, teknologi informasipun kini merambah ke dunia penyiaran, seperti halnya penyiaran televisi. Ia menilai kini beberapa tayangan di televisi dirasa kurang mendidik, karena pada umumnya perusahaan media televisi lebih mengedepankan rating, dibandingkan dengan dampak atas penayangan itu, sehingga menurutnya literasi media sangat penting disampaikan kepada masyarakat.

"Nah apa yang terjadi makanya benar sekali, literasi media ini menjadi penting, karena masyarakat selain bisa mendengar, bisa membaca, tapi mereka (juga) merekonstruksi, bisa menganalisis, dan berhak untuk menolak terhadap apa yang disampaikan oleh media," kata Rudy.

Follow Berita iNews Garut di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini