get app
inews
Aa Read Next : Polsek Singajaya Bersama Bhayangkari Berikan Bantuan Kepada Korban Terdampak Gempa Bumi

Jokowi Atensi Penanganan Bencana di Garut

Selasa, 19 Juli 2022 | 17:39 WIB
header img
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak banjir di Kampung Dayeuh Handap, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (19/7/2022).

GARUT, iNews.id Presiden Joko Widodo menaruh perhatian serius terhadap sejumlah peristiwa bencana di Kabupaten Garut, Jumat (15/7/2022) lalu. Orang nomor satu di Indonesia itu meminta agar penanganan bencana pada masa tanggap darurat berjalan dengan lancar. 

"Saya datang ke sini atas perintah Pak Presiden untuk memastikan penanganan bencana, khususnya di masa tanggap darurat agar bisa berlangsung lancar dan tertib sebagaimana mestinya," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, usai meninjau permukiman warga terdampak banjir di Kampung Dayeuh Handap, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (19/7/2022). 

Ia memastikan keselamatan dan kebutuhan hidup dasar masyarakat selama masa tanggap darurat menjadi prioritas utama. "Kemudian setelah tanggap darurat akan dikaji segala kebutuhan yang diperlukan. Nanti pemerintah daerah, TNI dan Polri akan melakukan langkah-langkah pasca tanggap darurat," ujarnya. 

Ia menyampaikan, bencana tersebut setidaknya telah merendam rumah warga hingga merusak sejumlah infrastruktur. Sejauh ini, kata dia, bencana tidak menimbulkan korban jiwa. 

"Memang ada yang meninggal dunia, tapi itu karena sakit struk," kata Letjen TNI Suharyanto. 

Berdasarkan kajian sementara, lanjutnya, ada beberapa rumah warga yang harus direlokasi. Rata-rata warga yang harus dipindahkan ini bermukim di pinggiran sungai. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut