get app
inews
Aa Read Next : Daftar Fakultas dan Program Studi Universitas Garut, Maba Wajib Tahu

Webinar UNIGA, MenKopUKM: Perguruan Tinggi Memegang Peranan Penting Evolusi Kewirausahaan Indonesia

Senin, 05 September 2022 | 07:46 WIB
header img
Menteri MenkopUKM saat Webinar bersama Universitas Garut. Sabtu (3/9). Foto istimewa

JAKARTA,iNewsGarut.id – Perguruan tinggi memegang peranan penting dalam upaya mendorong evolusi Kewirausahaan Indonesia. Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki dalam Webinar Universitas Garut bertajuk "“Bagaimana Membangun Ketahanan dan Pertumbuhan UMKM Hingga Mampu Melalui Disrupsi”, di Jakarta secara virtual, Sabtu (3/9).

Teten menambahkan, "Menjadi penting kita bekerja sama dengan universitas untuk mendorong evolusi kewirausahaan dari UMKM yang masih dalam skala ekonomi subsisten atau hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga menjadi UMKM yang memiliki produk berbasis inovasi, teknologi, dan ilmu pengetahun,"tambahnya.

Setiap tahunnya Indonesia memiliki 3,5 juta angkatan kerja baru yang lulus dari sekolah sampai ke tingkat perguruan tinggi. Sebanyak 1,7 juta di antara jumlah tersebut merupakan sarjana. Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang rata-rata mencatatkan angka 5 persen tiap tahunnya, hanya 2 juta lapangan kerja yang mampu disediakan.

Berkaca dari hal tersebut, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berpandangan bahwa perguruan tinggi harus mulai mengubah kurikulumnya, bukan lagi menciptakan sarjana yang ingin menjadi pegawai pemerintah atau swasta, tapi lebih ingin menjadi wirausaha.

Lebih lanjut, Menteri Teten mengatakan bahwa berdasarkan data dari KemenKopUKM, saat ini sebanyak 73 persen anak muda dari seluruh penduduk Indonesia ingin menjadi pebisnis, bukan lagi menjadi pegawai. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut