get app
inews
Aa Read Next : Apel Siaga Juara dan Senam Sehat Ridwan Kamil di Garut Selatan Dibanjiri Ribu Warga

Film Before, Now and Then (Nana), Ridwan Kamil Gebrakan Nyata Lestarikan Kembali Budaya Daerah

Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:12 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Pemutaran Film Nana (Before, Now, and Then) di Ciwalk XXI.(Foto. ist)

BANDUNG, iNewsGarut.id – Penayangan film Before, Now, and Then (Nana) diapresiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pasalnya dalam Film tersebut menggunakan diakletika Bahasa Sunda.

"Sangat apresiasi Film before, Now and After Then (Nana), menjadi suatu gebrakan nyata dalam melestarikan kembali kebudayaan daerah,"ungkapnya.

Film ini berkompetisi dengan film lainnya di Festival Film Internasional Berlin ke-72 pada Februari 2022. Selain itu juga berhasil menyabet berbagai penghargaan dan diapresiasi oleh 17 negara dengan 50 tempat yang berbeda. 

Kang Emil mengungkapkan,dirinya saat menyaksikan dan merayakan sebuah peristiwa bersejarah, menurutnya, Film ini sebuah bersejarah karena film di era hari ini berbahasa daerah, khususnya berbahasa Sunda yang hasilnya luar biasa.

Penggunaan bahasa daerah (Sunda), menurut Kang Emil menjadi suatu gebrakan nyata dalam melestarikan kembali kebudayaan daerah.  

"Di tengah gempuran makin melemahnya penggunaan bahasa ibu, kita punya medium berupa film yang membangkitkan lagi semangat kebudayaan, bahwa kita ini memang kaya dengan nilai-nilai identitas," ujarnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut