get app
inews
Aa Read Next : Terapkan Metode Class Based Storage, Garut Raih Penghargaan untuk Tata Kelola Logistik Bencana

Antisipasi Bencana, Pemkab Garut Berlakukan Status Awas Selama 3 Hari

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 20:32 WIB
header img
BPBD Garut meninjau lokasi pergerakan tanah di Desa Girimukti, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut beberapa waktu lalu.(Foto. Fani Ferdiansyah)

Dia menyebut terdapat 9 kecamatan di Kabupaten Garut yang memiliki tingkat potensi banjir yang tinggi, yakni Kecamatan Banjarwangi, Caringin, Cibalong, Cikajang, Cikelet, Cisompet, Pakenjeng, Pameungpeuk, dan Singajaya. Sedangkan seluruh kecamatan di Kabupaten Garut, memiliki potensi gerakan tanah menengah hingga tinggi, dengan beberapa kecamatan berpotensi banjir banjir bandang/aliran bahan rombakan.

Dalam surat edaran tersebut, lanjut Satria, para camat diimbau agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di wilayah Kabupaten Garut. Pemerintah tingkat kecamatan, diharapkan melakukan 11 langkah antisipatif, salah satu diantaranya, yakni melakukan monitoring untuk mendapatkan update informasi peringatan dini cuaca dan potensi ancaman bencana melalui website BMKG ataupun yang lainnya.

“Kemudian menyiapkan tempat evakuasi akhir/hunian sementara apabila terjadi bencana yang mengakibatkan adanya pengungsi sesuai protokol kesehatan Covid-19,” ucapnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut