get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Mengenal Burung Kolibri Kelapa Endemik Garut Selatan

Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:34 WIB
header img
Burung Kolibri Kelapa jantan endemik singajaya. Foto/Indra.

GARUT, iNewsGarut.id – Kolibri Kelapa, merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Nectariniidae dan Genus Anthreptes, atau salah satu jenis burung kolibri yang dapat ditemui di Indonesia.

Burung yang memiliki nama latin Anthreptes malacensis atau Brown-throated Sunbird dalam bahasa inggris, juga disebut dengan sebutan burung madu kelapa atau kolibri manggar, yang habitatnya banyak ditemukan di Kabupaten Garut bagian selatan.

Putri Nanda Lestari, warga Desa Ciudian, Kecamatan Singajaya, merupakan seorang istri yang mengikuti hobi suaminya, ia mengatakan jenis burung Kolibri Kelapa dan lainnya diwilayah selatan masih banyak ditemukan di pekarangan rumah ataupun di kebun.

"Burung Kolibri Kelapa ini memang habitatnya sudah terbilang langka, namun di kawasan sini khususnya daerah Desa Ciudian dan Girimukti, masih banyak ditemukan. Bahkan sesekali di pagi hari suka hinggap di pekarangan warga untuk mencari makan ," katanya, Rabu (26/10/2022).

Kolibri Kelapa ini tergolong jenis burung berukuran kecil, dengan panjang tubuh sekitar 12,1 centimeter sampai 13,5 centimeter, dengan ciri fisik burung jantan dan betina dapat dibedakan.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut