get app
inews
Aa Read Next : Penguji IJTI dan LPDS Apresiasi Pelaksanaan UKW Garut, Dorong Profesionalisme Wartawan

Diskominfo Garut Hadiri Acara Forum Smart City Nasional 2023

Rabu, 14 Juni 2023 | 14:17 WIB
header img
Kepala Diskominfo Garut, Margiyanto, bersama para kepala bidang menghadiri acara Forum Smart City yang dilaksanakan di Ballroom Shangri-Ia, Jalan Mayjen Sungkono, Kota Surabaya, Selasa (13/06/2023). (Foto : Isimewa)

SURABAYA, iNewsGarut.id – Kementrian Kominfo Republik Indonesia menyelenggarakan sebuah acara forum smart city nasional 2023. Acara digelar di Ballroom Shangri-Ia, Jalan Mayjen Sungkono, Kota Surabaya, Selasa (13/06/2023). 

Pada kesempatan itu, Kepala dinas Kominfo Garut, Margiyanto didampingi oleh beberapa Kepala Bidang (Kabid) dan staff Diskominfo Kabupaten Garut menghadiri acara tersebut. 

Acara forum smart city nasional 2023 ini Kementrian Kominfo menghadirkan beberapa pemateri seperti dari Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) Republik Indonesia, Praktisi Smart City dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan lainnya.

Kadis Kominfo Garut, Margiyanto mengatakan, acara ini sangat bermanfaat, apalagi yang disampaikan pemateri salah satunya yakni terkait dengan perubahan paradigma society, industry, dan goverment.

"Dulunya pemerintah mengatur masyarakat, kini paradigma tersebut berubah sesuai dengan tren dunia menjadi pemerintah bekerja sama dengan masyarakat,"ungkapnya.

Smart city merupakan ekosistem bagi society 5.0 dengan menitikberatkan kepada integrasi layanan.

"Karenanya arsitektur SPBE perlu dibuat sekokoh mungkin, dan arsitektur SPBE yang kokoh tersebut berasal dari turunan proses bisnis yang kokoh pula,"ujarnya.

"Arsitektur SPBE yang dirumuskan harus bersifat membumi artinya menyesuaikan dengan keadaan, potensi, dan permasalahan di daerah,"kata Margiyanto.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut