get app
inews
Aa Read Next : Demokrat Dapil II Sambut Kedatangan Dudung Sudiana Bacalon Bupati Garut

Pantai Santolo: Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, dan Tiket Masuk

Kamis, 10 Agustus 2023 | 09:50 WIB
header img
Pantai Santolo Garut. (Foto Okezone).

GARUT, iNewsGarut.id – Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Objek wisata yang berlokasi di Desa Pameungpeuk, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, ini memiliki hamparan pasir putih dan dihiasi pepohonan di tepi pantainya, sehingga menyuguhkan pemandangan indah nan eksotis.

Jadi, tak heran jika hari libur telah tiba, Pantai Santolo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan lokal ataupun luar kota.

Masih penasaran dengan pesona alam Pantai Santolo? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Pantai Santolo

Dahulu kala, Pantai Santolo dikenal dengan sebutan Pantai Cilauteureun (tempat berhentinya air laut). Orang Eropa, terutama Belanda yang datang ke wilayah ini kesulitan menyebut nama Sunda itu. Kemudian, mereka melafalkan kata Cilauteureun dengan kata Santolo.

Di masa pemerintahan Belanda, Pantai Santolo pernah difungsikan sebagai dermaga untuk mengangkut rempat-rempah menuju kapal besar di tengah laut.

Oleh karena itu, di Pantai Santolo terdapat banyak bangunan peninggalan Belanda yang dibangun sekira tahun 1850-an.

Daya Tarik Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Air pantai berwarna biru dengan hembusan angin yang sejuk membuat betah dan nyaman ketika berada di sini.

Pantai Santolo merupakan tempat berkumpulnya para nelayan tradisional serta dermaga kapal ikan yang terdapat di Pameungpeuk.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut