get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Garut Jamin Biaya Pengobatan Anak Yang Jadi Korban Kekerasan di Cikajang

Berikan Pendidikan Politik Jelang Pemilu 2024, SMKN 1 Garut Gelar Pemilihan Ketua OSIS Ala Pemilu

Kamis, 16 November 2023 | 09:54 WIB
header img
Ribuan Pelajar di SMKN 1 Garut pemilihan Ketua OSIS Ala Pemilu yang digelar dihalaman sekolah. Foto. Hendra YG/iNewsGarut.id.

GARUT, iNewsGarut.id – Cara berbeda dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Garut, Jawa Barat, dalam pelaksanaan  pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2023-2024. Sekolah ternama di kabupaten Garut ini melakukan pemilihan dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Rabu (15/11) pagi. 

Ribuan Siswa di SMKN 1 Garut ini sejak pagi hingga siang terlihat antusias mengikuti kegiatan pemilihan Ketua OSIS yang digelar dihalaman sekolah mereka. Pada tahun ini, pelaksanaan pemilihan tentunya berbeda seperti biasanya, kali ini suasana pemilihan pun disulap pihak sekolah layaknya TPS Pemilu. 

”Pemilihan dengan cara pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan baik, dan mengenalkan sejak dini tentang tata cara pemilu kepada peserta didik,” ucap wakil Kepala SMKN 1 Garut, Nurdin.

Menurutnya, selain memberikan pelajaran bagi para pelajar tentang pemilu juga pemilihan umum ini bertujuan sebagai bentuk implementasi penguatan profil pancasila. Tutur Nurdin.

"Dari total ribuan siswa ini, sebanyak 800 siswa mempunyai hak pilih sebagai pemilih pemula pada pemilu 2024 mendatang, dengan sistem ini tentunya menjadi pengetahuan para siswa khususnya bagi para pemilih pemula pada pelaksanaan tahapan pemilu." Ucapnya.

Dalam pemilihan tersebut, selain siswa, guru pun mempunyai hak pilih.  

Sekolah menyiapkan logistik pemilu, seperti surat suara, bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan hingga tempat pemungutan suara (TPS). 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut