get app
inews
Aa Read Next : Bacalon Bupati Enjang Tedi Sebut PAN Jadi Underdog di Pilkada Garut 2024

Cegah Korupsi Dana Desa, Kejari Garut Giat Penyuluhan Hukum Peringatan Hakordia 2023

Rabu, 13 Desember 2023 | 09:40 WIB
header img
Peringatan Hakordia Tahun 2023 Kejari Garut berikan penyuluhan hukum terkait pengelolaan keuangan Desa. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023 di Kejaksaan Negeri Garut melalui Kegiatan penyuluhan Hukum terkait pencegahan tindak pidana korupsi dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Kegiatan bertempat di Aula R. Soeprapto Kantor Kejaksaan Negeri Garut, Selasa (12/12/2023).

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023 melalui Kegiatan penyuluhan hukum itu mengambil tema “Maju Membangun Negeri Tanpa Korupsi” dan subtema "Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan Desa”.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Garut yang diwakili oleh Staf Ahli Nia Gania Karyana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut Wawan Nurdin, Sekretaris DPC APDESI  Garut Riki Ismail Barokah, para Kepala Desa dan Camat di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler dan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, para Pejabat Struktural Kejaksaan Negeri Garut, serta dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Garut Dr. Halila Rama Purnama, yang memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Narasumber yang menjadi pembicara dalam kegiatan penyuluhan hukum tersebut yaitu Erwin Rianto Nugraha, selaku Sekretaris DPMD Kabupaten Garut dengan menyampaikan materi berjudul ”Pengelolaan Keuangan Desa” serta Prima Sophia Gusman, S.H., M.H. selaku Kasi Tindak Pidana Khusus Kejari Garut yang menyampaikan materi berjudul “Pengelolaan Keuangan Desa Bentuk Potensi Penyimpangan dan Penyalahgunaan”. 

Sedangkan bertindak sebagai moderator yaitu Jaya P. Sitompul, selaku Kasi Intelijen yang memandu sesi tanya jawab dan dialog interaktif antara para peserta Kepala Desa dan Camat dengan narasumber.

Jaya P. Sitompul mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum terkait “Pengelolaan Keuangan Desa” tersebut selain sebagai tindak lanjut dari rangkaian kegiatan Peringatan Hakordia Tahun 2023 di Kejaksaan seluruh Indonesia, juga sebagai salah satu bentuk kepedulian dan tanggung-jawab Kejaksaan Negeri Garut dalam upaya preventif meminimalisir timbulnya kasus-kasus korupsi yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut