get app
inews
Aa Read Next : Polsek Limbangan Garut Operasi Cipta Kondisi, Puluhan Miras Diamankan

Pastikan Kualitas Suara Pemilu 2024, KPU Garut Siapkan SOP Sorlip 10 Juta Surat Suara

Rabu, 03 Januari 2024 | 11:19 WIB
header img
Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan sorlip untuk pastikan kualitas surat suara Pemilu 2024. Foto: Istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut pastikan kualitas suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Februari mendatang dengan SOP ketat proses sortir surat suara.

Untuk kelancaran Pemilu 2024 nanti, KPU Kabupaten Garut pun mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan Sortir Lipat (sorlip) Surat Suara Pemilu 2024 yang berlangsung di Aula Kantor KPU Kabupaten Garut, Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, pada Selasa (2/1/2024).

Kegiatan tersebut pun bertujuan untuk meninjau kesiapan baik dalam aspek keamanan dan kesehatan. Untuk itu KPU Kabupaten Garut pun menggandeng sejumlah pihak, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, serta dukungan pengamanan dari TNI dan Polri.

Rapat yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri ini menekankan pentingnya menjamin prinsip 5T: Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Kualitas, Tepat Waktu, dan Tepat Sasaran dalam pengelolaan logistik pemilu.

Untuk itu, ia daj timnya telah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat untuk petugas sorlip, termasuk pengaturan shift kerja dan persyaratan lainnya.

"Itu  (SOP), kita sudah buat shiftnya, shift siang dan shift malam, terus mereka masuk itu harus membawa tanda pengenal dan persyaratan-persyaratan lainnya," ungkapnya.

Junaidin Basri juga menyampaikan pentingnya rakor ini, terutama mengingat jumlah surat suara dalam pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 mendatang yang mencapai 10.213.055 lembar dan kebutuhan lebih dari 2.000 petugas sorlip. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut