get app
inews
Aa Read Next : Bacalon Bupati Garut Dudung Sudiana Penuhi Undangan PAMMI di Gelaran Seni dan Budaya

BAZNAS Siapkan 22 Program Zakat di Ramadhan 1445 H

Selasa, 12 Maret 2024 | 19:05 WIB
header img
BAZNAS Siapkan 22 Program Zakat di Ramadhan 1445 H. Foto: iNews.id

GARUT, iNewsGarut.id – 1 Ramadhan 1445 H tahun ini jatuh pada tanggal pada 12 Maret 2024 sesuai dengan hasil sidang is isbat yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam pada Minggu 10 Maret 2024 lalu.  

Masuknya bulan suci Ramadhan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemerintah menghimbau masyarakat agar saling menghormati, menjaga ukhuwah ini, serta melatih diri memperkuat kepedulian sosial dan tradisi berbagi.

Karena hal tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah menyiapkan 22 program dengan menyasar 34 provinsi se-Indonesia dengan target penerima manfaat 1,1 juta jiwa mustahik.

Paket yang disiapkan oleh BAZNAS terdiri dari Paket Ramadhan Bahagia (PMB), Zakat Fitrah, Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi), Pendidikan Kesehatan di Pesantren Seluruh Indonesia, Bincang Sehat Ramadhan, Pos Siaga Mudik, Layanan Kesehatan Posko Mudik, Bedah Mushala, Hidangan Berkah Ramadhan, dan Rumah Layak Huni BAZNAS RI.

Kemudian ada program Cerita Mustahik Berbagi Ramadhan, Bazar Ramadhan, Paket Pangan Ramadhan 1445 H, Kurasi Produk Cuan Ramadhan, Berkah Parcel Ramadhan, Pesantren Kilat Digital Marketing, Hidangan Iftar untuk Palestina, Ramadhan bersama Disabilitas, Berkah Gulai Ramadhan, Gerai Z-Iftar dan Pelatihan Pembuatan Konten dan Pemasaran Digital Cuan Ramadhan. 

Melalui program-program yang diusungnya, BAZNAS menghimpun, mendistribusikan dan pendayagunaan zakat yang berkualitas di seluruh Nusantara. Kontribusi ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat.

Program BAZNAS ini tidak hanya berlangsung di tingkat pusat, melainkan juga bergerak dengan menggandeng stakeholders terkait di daerah melalui BAZNAS provinsi/kabupaten/kota. 

Adapun menurut Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, Ramadhan tahun ini menargetkan pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS) sebesar Rp430 miliar.

Dengan mengangkat tema “Nikmat Berzakat: Tentramnya Muzaki, Bahagianya Mustahik”, ini sebagai wujud komitmen BAZNAS mengembangkan ZIS sebagai instrumen keadilan sosial. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut