get app
inews
Aa Read Next : Dapat Dukungan Dari 39 Kecamatan, Aceng Fikri Maju Pilkada Garut 2024 Jalur Independent

Ide Menu Takjil di Bulan Ramadhan, Enak dan Tidak Membosankan

Senin, 18 Maret 2024 | 09:30 WIB
header img
Ide Menu Takjil di Bulan Ramadhan. Foto: iNews.id

GARUT, iNewsGarut.id – Memasuki bulan Ramadhan, menu takjil menjadi makan pembuka yang selalu diperhitungkan. Beragam menu takjil dengan rasa manis seperti kolak, kurma, es buah memang cocok meniadakan dahaga selama puasa sehari penuh.

Namun, menu yang itu-itu saja bisa membuat bosan. Berbagai menu yang akan iNewsGarut.id berikan dalam artikel ini bisa menjadi rekomendasi menyajikan takjil yang enak dan tidak membosankan.

Berikut berbagai menu takjil yang bisa dipilih untuk berbuka puasa.

1 Es Goyobod

Es Goyobod adalah minuman dingin khas tanah Sunda yang cocok untuk berbuka puasa. Terbuat dari campuran santan, tepung hunkwe, sebutan kelapa, roti tawar, dan tambahan buah-buahan menjadikan minuman yang satu ini menyebarkan dan mengenyangkan.

2 Es Kuwut Bali

Minuman asam manis ini berasal dari campuran timun, air kelapa, serutan kelapa, jeruk nipis, melon, dan madu serta tambahan biji selasih. Dalam bahasa Bali sendiri, kuwut berarti kelapa. Dinamakan es kuwut karena dibuat dengan bahan dasar kelapa.

3 Dadar Gulung

Dadar gulung merupakan makanan khas Indonesia yang dapat digolongkan sebagai panekuk. Berbentuk digulung dan diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair membuat rasanya manis gurih. Makanan yang satu ini identik dengan warna hijau.

4 Burayot

Makanan manis lainnya yang bisa dijadikan pilihan untuk takjil puasa adalah burayot. Makanan khas di Kabupaten Garut ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan minyak kelapa. Capilano ini memiliki rasa yang manis dan gurih. 

5 Onde-onde

Onde-onde adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan pasta kacang hijau, kemudian digoreng dan dilapisi dengan wijen. Rasanya manis dan gurih, sangat populer sebagai camilan di Indonesia.

6 Risoles

Takjil dengan rasa gurih juga bisa menjadi pilihan menu berbuka, salah satunya risoles. Camilan ini terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan berbagai bahan seperti daging cincang, wortel, kentang, dan rebung yang telah dibumbui dan kemudian digoreng. Makanan ini biasanya dilengkapi dengan saus sambal atau saus tomat. Rasanya gurih dan lezat, sering disajikan sebagai camilan di Indonesia.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut