get app
inews
Aa Read Next : Kemanunggalan Tni dan Rakyat Terpancar di Hari Pertama Pengerjaan Jalan

Sosok Guru Sumpena, 33 Tahun Mengabdi Untuk Pendidikan

Jum'at, 29 Maret 2024 | 10:15 WIB
header img
Sumpena Permana Putra, Kepala Sekolah SMAN 1 Garut (2020-2024). Foto: iNewsGarut.id/Huriyyatul Wardah.

Berbeda dengan di kota yang harus memenuhi kualifikasi keahlian mengajar. Kalau keahliannya dalam bidang matematika, tentu ia dipercaya menjadi guru matematika dan tidak diberi beban untuk mengajar yang bukan menjadi mata pelajaran yang dikuasainya.

Hal itu lah yang Sumpena pandang, bahwa ketika ia masuk menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Garut, dimana sekolah tersebut menjadi unggulan di Kota Intan, ternyata ada beban kepercayaan dari para orang tua agar anak-anaknya bisa lulus dan masuk ke universitas yang mereka idamkan.

“Itu menjadi tantangan berat dari pihak sekolah karena harus bisa membuktikan cita cita dan harapan orang tua, serta kita juga harus bekerja ekstra,” terang Sumpena menjelaskan keadaan sekolah terakhir yang ia kelola.

Dedikasinya dalam pendidikan tidak akan sirna begitu saja, melalui rencana-rencananya ke depan, Sumpena ingin menjadi bagian dari kemajuan pendidikan di Indonesia meski tidak terlibat langsung di sekolah.

“Yang namanya selesai tugas dari pemerintah bukan berarti kita diam, kita tetap harus memberikan kebaikan kepada orang lain, kepentingan umat,” lanjutnya.

Sumpena mengungkapkan bahwa kedepannya ia berencana untuk berada di jajaran dewan penasihat untuk Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), agar bisa memberikan andil untuk kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Garut.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut