get app
inews
Aa Read Next : Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Desa Talagasari Bantu Petani Membajak Sawah

BNPB Sebut Gempa Garut 6,2 M Tidak Ada Korban Yang Fatal

Senin, 29 April 2024 | 07:17 WIB
header img
Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan saat memastikan korban terdampak gempa bumi di Cilawu Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan menyatakan bahwa gempa bumi Garut 6,2 M tidak ada korban yang fatal. Hal itu ia sampaikan saat memastikan dan melihat langsung korban yang terdampak di Kecamatan Cilawu, Garut.

"Saya mendapat laporan tadi pagi adanya gempa 6,2 magnitudo di 13 Kabupaten yang terdampak. Atas perintah pimpinan Kepala BNPB kedatangan Saya kesini untuk memastikan dampak baik kepada manusianya maupun insfratruktur. Alhamdulillah semuanya tidak ada korban yang fatal, 6 orang luka ringan dan sudah tertangani,"kata Fajar disela kunjungannya di Cilawu, Garut, Minggu (28/4/2024).

Lebih dari itu, kata Fajar, dirinya tadi rapat awal dengan Sekda Garut Nurdin Yana merumuskan seperti apa skema bantuan untuk para korban yang terdampak gempa bumi ini.

"Kami sudah rapat awal dengan Pak Sekda Garut merumuskan seperti apa skema bantuan kebutuhan dasar untuk korban terdampak. Insya Alloh nanti malam akan sampai, dan Kita lihat secara keseluruhan di Garut ini klasifikasi rusak ringan, jadi nanti rumuskan skema bantuannya seperti apa, apakah menjadi tanggung jawab Pemda, Pemrov, atau Pusat, ini butuh waktu untuk asesmen,"ujarnya.

"Langkah awal dan panjang sudah Kita rumuskan, terkait bencana sebelumnya longsor nanti tindak lanjut nya seperti apa supaya nanti Kita jadikan satu,"tambah Fajar.

Fajar pun menghimbau kepada masyarakat tetap waspada, tetapi jangan takut berlebih, bilamana ada bencana susulan khususnya gempa bumi segera menyelamatkan ke tempat yang lebih aman, karena penyelamatan orang itu menjadi prioritas.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut