get app
inews
Aa Read Next : Nuri Nurdwi Hikmayanti Anggota DPRD Garut Fraksi Demokrat Siap All Out Menangkan Santri

59 Penyandang Tuna Daksa di Garut Dapat Kaki dan Tangan Palsu

Selasa, 10 September 2024 | 17:12 WIB
header img
Pelaksanaan Pemasangan Kaki dan Tangan Palsu bagi 59 penyandang tuna daksa. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Dinas Sosial Kabupaten Garut bekerja sama dengan LDS Charities dan Yayasan Peduli Tuna Daksa menggelar acara pemasangan kaki dan tangan palsu bagi 59 penyandang tuna daksa. 

Acara yang berlangsung di Aula Dinas Sosial Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada Selasa (10/9/2024), dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Sri Kartika, Ketua DWP Kabupaten Garut, Lina Marlina, Ketua Yayasan Peduli Tuna Daksa, Said Khan, serta sejumlah anggota TP PKK dan DWP Kabupaten Garut.

Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menyatakan bahwa pemasangan kaki dan tangan palsu ini merupakan upaya bersama antara Dinas Sosial, LDS Charities, dan Yayasan Peduli Tuna Daksa untuk membantu penyandang tuna daksa. 

Proses pemasangan ini tidak serta merta dilakukan hari ini, tetapi sebelumnya sudah dilakukan pengukuran pada bulan Juli lalu.b Nurdin berharap, penerima manfaat dapat membiasakan diri dengan bantuan ini agar nyaman digunakan.

"Mudah-mudahan kalau datang ke sini enak, nanti kekurangan kelebihannya bisa dicek, bisa dibongkar dinaikkan lagi, sehingga Alhamdulillah semua hadir pada kesempatan ini," ucapnya.

Nurdin juga menyebutkan, saat ini jumlah penyandang tuna daksa di Kabupaten Garut mencapai sekira 5.985 orang. Ia berharap kerja sama dengan Yayasan Peduli Tuna Daksa dapat terus berlanjut agar bantuan kaki dan tangan palsu dapat kembali diberikan kepada penyandang tuna daksa. Ia juga berharap, bantuan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri para penerima manfaat.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Peduli Tuna Daksa, Said Khan, menjelaskan bahwa yayasan memiliki target menyalurkan 1.500 bantuan kaki dan tangan palsu di seluruh Indonesia dalam satu tahun. Hingga saat ini, sudah ada 1.000 kaki dan tangan palsu yang disalurkan kepada para penyandang tuna daksa di berbagai daerah.

"Masih ada lagi ke depannya 500 dan ditargetkan satu tahun itu selesai, karena memang MoU-nya itu, habisnya itu bulan Juni tahun 2024 - 2025," ungkap Said.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji, mengungkapkan bahwa sejak tahun 2022 hingga saat sudah dilaksanakan pemasangan kaki dan tangan palsu dengan total penerima manfaat sebanyak 296. Program ini diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya, dimana penerima manfaat tidak hanya berasal dari Kabupaten Garut, tetapi juga dari Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sukabumi.

"Alhamdulilah ini kami bisa melaksanakan kegiatan ini, dan bapak-bapak ibu-ibu penerima manfaat yang akan dipasang kaki palsu dan tangan palsu, ini tidak dipungut biaya apapun," ujar Aji.

Acara ini diharapkan dapat membantu para penyandang tuna daksa untuk lebih aktif dan mandiri, serta menjadi bentuk pelayanan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat Garut dan sekitarnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut