get app
inews
Aa
Read Next : Pencabutan Status Pandemi oleh WHO Tak Pengaruhi Kebijakan Penanganan Covid-19 di Garut

Menkes: Pandemi Covid-19 Selesai Paling Pendek 5 Tahun

Kamis, 23 September 2021 | 14:32 WIB
header img
Covid-19.(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan bahwa tidak ada pandemi yang dapat selesai dalam waktu singkat. Maka dia pun mengajak agar masyarakat mulai belajar hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Memang enggak ada pandemi yang selesai dalam waktu singkat. Yang paling pendek setahu saya itu 5 tahun. Juga ada yang sampai puluhan tahun bahkan ratusan tahun. Jadi kita mesti belajar hidup dengan mereka,” katanya saat mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengunjungi Sentra Vaksinasi di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (23/9/2021). 

Dia mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk dapat hidup berdampingan dengan covid-19. Salah satunya adalah dengan mempercepat vaksinasi.

BACA JUGA:

Menko Luhut: Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Proses Transisi Pandemi ke Endemi

“Yang harus kita lakukan pastikan semua teman-teman cepet vaksinasi. Itu nomor satu.  Kalau bisa cepat dapat vaksin dua dosis,” ungkapnya. 

Selain vaksinasi, Budi juga meminta agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Pasalnya berkaca banyak negara yang capaian vaksinasinya tinggi, tapi mengalami peningkatan kasus covid-19, karena mengabaikan protokol kesehatan. 

“Kita lihat negara kayak Israel, Amerika Serikat vaksinasi tinggi tetap naik lagi karena mereka mengabaikan protokol kesehatan. Jadi teman-teman selain va?sinasi, jangan euforia tetap waspada. Arahan pak wapres, terus jalankan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak,” ujarnya. 

“Pemerintah akan memperkuat fasilitas, testing, tracing, 3T-nya. Insyaallah nanti kita bisa hidup normal dengan ada sedikit perubahan perilaku kita sehari-hari,” katanya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut