get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Cibatu Garut Sambut Baik Dengan Adanya Pembangunan Pabrik Baru

Tingkat Kepercayaan Masyarakat Tinggi, Bank Universal BPR Tembus Aset Rp1 Triliun 

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:41 WIB
header img
Per 30 April 2022, total aset Bank Universal BPR melampaui angka Rp1 triliun.(Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Per 30 April 2022, total aset Bank Universal BPR  melampaui angka Rp1 triliun. Kunci keberhasilan dari pencapaian ini antara lain didukung peran dari berbagai pihak, di antaranya berkat kepercayaan masyarakat serta kerja keras tim dalam mendorong pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga (DPK). 

Pertumbuhan aset ini didukung oleh penyaluran pinjaman di bulan April 2022 yang mencapai Rp77, 3 miliar, serta penempatan DPK di bulan April yang mencapai milestone baru di angka tertinggi Rp81, 6 miliar.
 
Dengan pertumbuhan aset sebesar 88% YoY per akhir April 2022, Universal BPR kini menduduki peringkat 2 se-Jabodetabek berdasarkan total aset. 

“Kami optimis akan melanjutkan momentum pertumbuhan kinerja Universal BPR dengan melihat potensi bagi UMKM yang mulai pulih dan masih sangat besar”, ujar Direktur Utama Universal BPR, Susatyo Anto Budiyono.

Untuk tahun 2022, Universal BPR memiliki target pencapaian aset Rp2 triliun. Menurut Susatyo Anto Budiyono, ada 5 fokus utama yang tengah dilakukan untuk mencapai target tersebut antara lain meningkatkan kualitas manajemen penagihan yang efektif dan kualitas aset yang produktif, meningkatkan kualitas operasional dan efisiensi BOPO, meningkatkan employee engagement, meningkatkan pertumbuhan bisnis yang sehat, serta meningkatkan percepatan proses yang efektif dan mudah melalui digital banking. 

 

Saat ini, Universal BPR juga tengah mempersiapkan Mobile Banking yang akan memberi kemudahan transaksi, cek rekening, maupun transaksi antar bank. Layanan Mobile Banking ini juga telah masuk dalam tahap akhir proses perizinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Per April 2022, Universal BPR memiliki kinerja yang SEHAT dengan rating sesuai kriteria Tingkat Kesehatan (TKS) OJK: CAMEL = 96 (sehat min ≥ 81 SEHAT). 

Adapun beberapa rasio yang bisa digarisbawahi antara lain CAR 17.3%  (min ≥ 12 % SEHAT) dan NPL 2.5% (SEHAT maks ≤  5%).

Universal BPR sendiri merupakan lembaga keuangan yang didirikan sejak 2003 oleh Kaman Siboro dan Stephen Satyahadi.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut