get app
inews
Aa Read Next : Cara Membuat Polling di WhatsApp, Permudah Pengguna Tentukan Pilihan, Begini Caranya

Instagram, Facebook dan WhatsApp Down, Ini Dugaan Penyebabnya 

Selasa, 05 Oktober 2021 | 09:08 WIB
header img
Aplikasi WhatsApp, Facebook dan Instagram.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.idAplikasi media sosial WhatsApp, Facebook, dan Instagram tumbang alias down selama 6 jam. Ketiga platform itu mulai pulih dan terhubung kembali sebagian ke internet global, Selasa (5/10/2021) pagi. 

Kelompok pemantau situs web Downdetector menyebut kejadian tersebut sebagai kegagalan terbesar internet yang pernah ada. Menurut catatan mereka, ada 10,6 juta laporan yang masuk terkait pemadaman media sosial itu secara global. 

Para pakar keamanan siber mengatakan, gangguan itu bisa jadi berasal dari masalah pada komputer server Facebook. Akibatnya, orang-orang tak bisa terhubung ke situs milik raksasa teknologi itu seperti Instagram dan WhatsApp.

BACA JUGA:

WhatsApp, Facebook dan Instagram Sudah Bisa Digunakan Lagi

Kendati demikian, dugaan sabotase oleh orang dalam perusahaan secara teoretis mungkin saja terjadi. Pimpinan Facebook Inc pun meminta maaf kepada para pengguna di seluruh dunia atas tumbangnya layanan mereka. 

“Untuk setiap bisnis kecil dan besar, keluarga, dan individu yang bergantung pada (layanan) kami, saya meminta maaf,” cuit Chief Technology Officer (CTO) Facebook, Mike Schroepfer, di Twitter. 

WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down Besar-besaran, 2 Jam Masih Tak Bisa Diakses Dia mengatakan, mungkin diperlukan waktu untuk memulihkan ketiga platform itu hingga 100 persen. Namun, Schroepfer tidak menjelaskan lebih perinci tentang masalah gangguan itu.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut