Kelurahan Sukamanteri Jadi Lokasi Pembagian PMT bagi Balita Stunting dari DPPKBPPPA Garut

Dindin
Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Garut memberikan makanan tambahan dan menempelkan stiker identitas stunting di warga Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.Foto iNewsGarut.id/ Dindin.

"Target kita di tahun 2024 adalah kurang dari 14 persen, 2 hal terpenting yang dilakukan TPPS Kabupaten Garut pertama bagaimana angka stunting bisa menurun landai di tahun 2024 kurang dari 14 persen, dan yang kedua bagaimana tidak terjadi penambahan angka stunting baru (atau) zero new stunting," imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Sukamanteri, Irwan Sutiawan, menuturkan pihaknya bergembira dan menyambut baik program kegiatan yang diusung oleh TPPS Kabupaten Garut dengan pemberian bantuan makanan tambahan bagi balita stunting , terlebih saat  ini di wilayahnya terdapat sekitar 308 balita yang mengalami stunting.

"Perlu disampaikan bahwa jumlah stunting di Kelurahan Sukamentri itu hampir mencapai 404 stunting untuk anak, tapi alhamdulillah dari satu bulan kemarin terkait dengan masalah data stunting kita adanya penurunan dari 404 menjadi 308 stunting, berarti ada beberapa penurunan berapa persen dari jumlah semula menjadi 308 stunting," tutur Irwan.

Guna mempercepat penurunan stunting di daerahnya, imbuh Irwan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada warga khususnya yang memiliki stunting, mengenai pencegahan hingga pemberian arahan terkait makanan bergizi bagi balita.

"Yang pertama sosialisasi kepada warganya, terus yang kedua memberikan arahan-arahan bagaimana memberikan makanan gizi kepada masyarakat yang khususnya stunting, dan ketiga bagaimana kita bisa memberikan stimulan khususnya warga sekitar yang kena stunting melalui CSR dan para donatur donatur yang ada di Kelurahan Sukamentri," katanya.

Ia berharap ke depan ada penurunan yang cukup signifikan dari angka stunting di Kelurahan Sukamanteri, walaupun ia mengakui guna mewujudkan hal tersebut memerlukan waktu yang cukup panjang.

"Tapi pada prinsipnya bahwa Kelurahan Sukamentri, saya sebagai kepala wilayah juga TP PKK Kabupaten Garut, dan juga pada kader, para pokja juga, dan juga dibantu dengan rekan rekan dari PKM Guntur, akan terus memberikan sosialisasi yang diberikan kepada warganya, agar adanya kesadaran pada orang tua bagaimana kita memerlukan adanya sebuah gizi, adanya stimulan dan lain sebagainya, sehingga penurunan stunting bisa kita turunkan seperti itu," tandasnya.

Editor : ii Solihin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network