get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Longsor Terjang 2 Wilayah Garut, Pusdalops BPBD Kerahkan 3 Tim Penanganan Bencana

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:34 WIB
header img
Kegiatan peningkatan kapasitas digelar di Pusdalops BPBD Kabupaten Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (29/6/2022).

Selain penanganan bencana di lapangan, para personel ini dilatih mengenai pemetaan dan pendataan. "Soal data misalnya bagaimana mendata dampak bencana, berapa ketinggian longsor, bagaimana kerugian materil, dan sebagainya," ucapnya. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid Darlog) BPBD Kabupaten Garut, Daris Hilman, mengatakan materi yang diberikan dalam peningkatan Pusdalops hari ini adalah terkait aktivasi pos komando yang diharapkan mampu membangun sinergitas antara BPBD dengan TNI dalam penanggulangan bencana.

“Mereka walaupun punya SOP masing-masing, tapi ada benang merah bahwa pengendali utama adalah Pemerintahan Kabupaten Garut melalui BPBD,” kata Daris.

Sementara itu, Dandim 0611/Garut Letkol CZi Dhanisworo menjelaskan Komando Rayon Militer (Koramil) di setiap kecamatan dapat bekerja sama bersama BPBD Kabupaten Garut. Ia mengatakan, kolaborasi dan sinergi cepat bersama aparat kewilayahan di masing-masing kecamatan dapat melaksanakan deteksi dini jika akan terjadi suatu bencana.

“Kemudian melaporkan secara dini apa bencana yang akan terjadi di wilayah, contohnya misalnya longsor dua hari yang lalu di Cilawu dan Cikajang, karena ada dua atau tiga lokasi yang longsor, nah itu biar sama bersinergi sistem pelaporannya,” ucapnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut