get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lansia, Simak 5 Cara Agar Tetap Sehat di Masa Tua

Jum'at, 09 Juni 2023 | 10:27 WIB
header img
Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lansia, Simak 5 Cara Agar Tetap Sehat di Masa Tua. (Foto dok iNews.id)

2. Tetap aktif beraktivitas 

Dengan tetap aktif beraktivitas yang rutin dan cukup juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan serangan penyakit.

Perlu diakui seiring dengan bertambahnya usia para lansia memang sulit menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun hal itu tidak berarti lansia harus berhenti tidak beraktivitas sama sekali. 

Setidaknya, lakukanlah 30 menit aktivitas fisik selama tiga hari dalam seminggu. Aktivitas ini bisa termasuk berjalan kaki, bersepeda, berenang, serta aktivitas fisik lainnya. 

3. Mengelola stres 

Mengelola stres di usia tua juga sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh bagi seorang lansia. Jika mengalami stres yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan efektivitasnya.

Sehingga seorang lansia dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup agar terhindar dari stres karena terus berdiam diri di rumah.

4. Istirahat yang cukup dan berkualitas  

Kurangnya waktu tidur juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Terlebih, jam tidur atau waktu istirahat ini menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia karena turut membantu meningkatkan fungsi otak, konsentrasi, dan memori.

Agar jam tidur bisa terasa lebih enak dan berkualitas, pastikan kamar gelap, tenang, dan sejuk. Pertahankan rutinitas waktu tidur yang teratur dan batasi tidur siang tidak lebih dari 45 menit. 

5. Menjaga berat badan tetap sehat 

Menjaga berat badan juga menjadi hal yang sangat penting bagi seorang lansia. Karena jika membawa terlalu banyak beban pada tubuh bisa saja berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. 

Lakukan aktivitas fisik yang rutin dan makan makanan yang sehat dan bergizi, hal itu dapat mengurangi peradangan sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan sehat.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut