get app
inews
Aa Read Next : Balon Bupati Garut H Dudung Sudiana Silaturahmi Dengan GPHBM Cikajang

Mahasiswa Uniga Turun ke Pelosok Desa Pameungpeuk, Ajarkan Anak-Anak Calistung

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 19:38 WIB
header img
Mahasiswa Uniga saat mengajarkan calistung kepada anak-anak di pelosok Desa Pameungpeuk, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. (Foto Istimewa).

GARUT, iNewsGarut.id – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 29 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Garut (Uniga) turun ke pelosok Desa Pameungpeuk, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, untuk mengajarkan anak-anak membaca, menulis, dan berhitung (calistung) serta belajar bersama secara gembira.

"Diadakannya program calistung ini salah satunya untuk membantu orang tua agar siswa lebih giat belajar dan lebih cepat dalam menghitung, membaca, maupun menulis," kata Ketua Kelompok KKN Uniga Desa Pameungpeuk, Muhammad Alvin, usai kegiatan belajar calistung di Pameungpeuk, Jum'at (11/8/2023).

Alvin menuturkan, program belajar calistung dengan metode pembelajaran secara gembira itu merupakan salah satu program unggulan dalam kegiatan KKN di Desa Pameungpeuk. 

Ia menambahkan, program tersebut dalam rangka mengamalkan ilmu dan mengabdikan diri kepada masyarakat, khususnya di daerah pelosok Garut seperti di wilayah Desa Pameungpeuk.

Menurut Alvin, program calistung merupakan kegiatan yang dinilai tepat untuk membantu orang tua maupun guru di sekolah dalam rangka mengajarkan anak-anak agar lebih cepat menguasasi kemampuan menulis, membaca, dan berhitung.

"Dengan mengajak siswa untuk melakukan belajar calistung dan memberikan hadiah kepada siswa agar siswa tersebut lebih giat untuk mengikuti kegiatan calistung," ucapnya.

Sejumlah mahasiswa KKN Desa Pameungpeuk, kata Alvin, dengan kemampuan ilmunya masing-masing cukup antusias mengajak anak-anak untuk mau belajar bersama secara gembira agar lebih cepat belajar calistungnya.

Menurut dia, momen pembelajaran calistung dalam kegiatan KKN itu cukup tepat karena bersamaan dengan bulan masuk sekolah ajaran baru, terutama bagi anak-anak yang saat ini baru masuk kelas 1 sekolah dasar.

Program itu, lanjut dia, tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak-anak, dan akan terus dikenang dalam hidupnya bahwa mereka dulu sewaktu kecil pernah diajarkan calistung oleh mahasiswa Uniga yang sedang melaksanakan KKN.

"Ini dalam rangka pengabdikan yang tidak sesaat, mahasiswa menjadwalkan secara rutin di beberapa sekolah di Desa Pameungpeuk," katanya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut