get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Mahasiswa Uniga Turun ke Pelosok Desa Pameungpeuk, Ajarkan Anak-Anak Calistung

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 19:38 WIB
header img
Mahasiswa Uniga saat mengajarkan calistung kepada anak-anak di pelosok Desa Pameungpeuk, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. (Foto Istimewa).

Alvin menyampaikan, selama dua pekan melaksanakan kegiatan belajar calistung bagi anak-anak yang baru masuk sekolah dasar, maupun bagi siswa kelas 2 dan 3 yang belum maksimal memiliki kemampuan calistung juga antusias ikut gabung belajar.

Hasilnya, kata dia, siswa yang ikut belajar bergembira tentang calistung itu menunjukkan perubahan yang cukup baik, mereka sudah secara bertahap bisa membaca tulisan, kemudian menulis ulang, dan berhitung angka paling dasar.

"Alhamdulillah di minggu kedua ini siswa yang ikut bimbingan calistung ini kelihatan ada perubahannya, dimulai dari menulis sudah rapi, lalu membaca sudah mulai bisa sedikit-sedikit, dan berhitung, siswa sudah mulai bisa menggunakan tekniknya," kata Alvin.

Salah seorang siswi yang ikut belajar calistung, Sintia, mengatakan senang bisa mendapatkan pelajaran tambahan yang pengajarnya dari mahasiswa, dan menyenangkan belajarnya karena di tengah-tengah belajar ada nyanyian-nyanyian.

"Senang ikut les calistung, soalnya yang ngajarinnya kakak-kakak yang cantik sama yang ganteng, sama suka nyanyi-nyanyian," ungkap Sintia.

Orang tua dari salah seorang siswa, Mamah Adli, menyambut baik kegiatan mahasiswa KKN yang terjun langsung ke masyarakat, menemui anak-anak, lalu memberikan pembelajaran calistung yang dinilai bermanfaat bagi anak-anak yang baru masuk sekolah.

Menurut dia, kehadiran mahasiswa bagi anak-anak yang baru sekolah itu membuat gembira, dan anak-anak semakin semangat pergi sekolah maupun saat mengikuti kegiatan belajar tambahan yang dilaksanakan mahasiswa.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut