get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 15 Makanan Garut Untuk Dijadikan Oleh-oleh

Resep Pindang Ikan Khas Garut, Menu Keluarga Cocok Untuk Weekend

Sabtu, 11 November 2023 | 14:24 WIB
header img
Pindang Ikan Khas Garut. Foto (cookpad).

GARUT, iNewsGarut.id – Ikan merupakan makanan favorit untuk semua kalangan, dan bisa diolah dengan berbagai cara baik itu digoreng, ditumis, atau dipindang. Tak jarang juga ikan selalu ada di setiap sajian makan.

Biasanya ikan yang sering diolah itu ikan mas ataupun ikan bandeng dengan menggunakan berbagai bumbu sesuai selera masing-masing.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang resep ikan pindang khas Garut, bahan utamanya ikan mas. Dalam resep ikan pindang khas Garut biasanya ikan terlebih dahulu dibersihkan, kemudian digoreng sampai kering. Dan uniknya, dalam proses pembuatan, serai ditata di dasar panci sebagai alas ikan. Lalu dimasak hingga tulang lunak, air dibiarkan sampai menyusut, kemudian terakhir ditambahkan kecap agar ikan pindang terlihat berwarna gelap.

Untuk membuat ikan pindang khas Garut, berikut bahan dan cara pembuatannya yang dirangkum iNewsGarut.id dari berbagai sumber dan wajib untuk diketahui : 

Bahan

Siapkan 1/2 kg ikan mas, 1 batang serai memarkan, 1 cm jahe memarkan, 1 sendok teh gula merah, 1 sendok teh kecap manis, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, iris, 1 1/2 sendok teh garam, 20 batang serai, memarkan untuk alas, 2 liter air, minyak goreng secukupnya.

Bumbu Halus

2 cm kunyit, 3 siung bawang putih, 5 butir kemiri, 7 butir bawang merah.

Cara Membuat

Pertama, kita siapkan bahan-bahan untuk mengolah pindang ikan khas Garut, kedua, ambil ikan mas yang akan di pindang sesuai dengan takaran, kemudian bersihkan sisiknya dan cuci sampai bersih.

Setelah ikan mas yang sudah disisik dan dicuci, panaskan minyak goreng hingga panas, lalu masukan ikan mas hingga kering lalu tiriskan.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut