get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Garut Jadi Pilot Projects Program ADLIGHT Dari Kementerian ESDM

Jum'at, 19 April 2024 | 08:34 WIB
header img
Pertemuan antara perwakilan Kementerian ESDM RI dengan Pemkab Garut di Rumah Dinas Sekda Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (18/04/2024). Foto istimewa.

Sementara itu, Subkoordinator (Subkor) Pengawasan dan Labelisasi Konservasi Energi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM RI, Catur Wahyu Prasetyo, menuturkan, pertemuan kali ini membahas terkait penyerahan lampu hemat energi dan juga pemberian pendampingan terkait dengan pemasangan atau retrofit dari lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) biasa ke lampu LED yang lebih hemat energi.

Melalui program ini, imbuh Catur, diharapkan terjadi percepatan dan penetrasi ke lampu yang hemat energi, sejalan dengan regulasi yang ada di pemerintah berkenaan dengan pelaksanaan konservasi energi, di mana dititikberatkan bagi pemerintah, pemerintah daerah provinsi, kabupaten maupun kota untuk pelaksanaan manajemen energi.

Ia berharap ke depan pemerintah daerah khususnya Pemkab Garut semakin masif mengimplementasikan penerapan efisiensi energi ataupun konservasi energi. Apalagi, menurutnya dalam Konservasi energi ini terdiri dari dua sisi yakni sisi supply melalui pendekatan diversifikasi energi, dan demand adalah kegiatan upaya efisiensi energi.

"Harapannya adalah lebih memasifkan lagi terkait dengan upaya-upaya efisiensi energi, yang diterapkan khususnya bagi peralatan-peralatan pemanfaatan energi yang sebelumnya masih menggunakan teknologi yang tidak hemat energi, menjadi menggunakan peralatan yang sudah menggunakan teknologi yang lebih efisien energi," ucapnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Komponen 3 Proyek ADLIGHT, Amanda Justicia, mengatakan, ada 23 kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi lokasi pilot project dari proyek ADLIGHT, di mana di Jawa Barat sendiri ada 3 kabupaten/kota yang menjadi pilot project yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, dan Kota Bandung.

Ia mengungkapkan, sebagai salah satu kabupaten penyangga ibukota Provinsi Jawa Barat, Garut merupakan daerah yang potensial untuk penerapan proyek ADLIGHT. Terlebih, imbuh Amanda, Kabupaten Garut memiliki kurang lebih 10 ribu titik lampu dengan 7 ribu diantaranya masih belum menggunakan lampu LED. 

"Jadi masih ada 7 ribu lagi yang bisa kita efisiensikan. Nah pertanyaannya adalah kenapa LED? Karena LED ini adalah salah satu teknologi yang bisa menjamin efisiensi minimal 50% maksimal ini bisa 80%, dan memang dari teknologi ini sendiri kita memberikan lampu-lampu yang sudah tersertifikasi LS Pro penunjukkan ESDM," ungkapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut