get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Garut Jadi Pilot Projects Program ADLIGHT Dari Kementerian ESDM

Jum'at, 19 April 2024 | 08:34 WIB
header img
Pertemuan antara perwakilan Kementerian ESDM RI dengan Pemkab Garut di Rumah Dinas Sekda Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (18/04/2024). Foto istimewa.

Artinya, tambah Amanda, kualitas pencahayaannya sudah baik, kemudian juga simulasi pencahayaannya juga sudah teruji, dan memiliki standar kinerja energi minimum 140%, sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 135 Tahun 2022.

Sebelum hari IdulFitri 1445 Hijriah, kata Amanda, pihaknya sudah memasang sekitar 55 unit lampu LED di PJU yang ada di Kabupaten Garut, untuk membantu penerangan dan mempermudah pemudik dari target 100 unit lampu LED yang dihibahkan kepada Kabupaten Garut melalui proyek ADLIGHT ini. 

Melalui proyek ADLIGHT ini juga, ia berharap ada keberlanjutan dari Pemkab Garut terkait efisiensi energi, dan juga mendorong Pemkab Garut untuk lebih aware terhadap penggunaan lampu LED di PJU yang ada di Kabupaten Garut.

"Jadi kita juga mengharapkan ada efisiensi dari tagihan listriknya, tentunya jika tagihan listrik itu berkurang pasti akan meringankan beban anggaran di daerah, dan justru daerah bisa memposkan atau mengalokasikan anggaran untuk kegiatan lain gitu," ungkap Amanda.

Melalui proyek ini diharapkan mampu mendorong produsen LED dalam negeri untuk mempunyai pasar di negara sendiri, tentunya dengan ketentuan teknis yang sudah sesuai standar yang sudah ditentukan.

"Semua lampu hibah yang kami berikan yang project ADLIGHT berikan itu sudah ada dan sudah tayang di e-katalog nasional, bekerjasama dengan LKPP, sehingga untuk pengadaan selanjutnya akan memudahkan para Pemkab dan Pemkot melakukan pengadaan sesuai dengan regulasi barang dan jasa," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut