get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Penggiat Arus Deras Indonesia Jajal Sungai Cimanuk Garut

Rabu, 08 Mei 2024 | 13:11 WIB
header img
Penggiat Arus Deras Indonesia saat menjajal sungai Cimanuk Garut. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Kabupaten Garut menjadi saksi kegiatan Halal Bihalal Part 3 Penggiat Arus Deras Indonesia, yang diikuti oleh lebih dari 80 peserta dari berbagai daerah dari Garut, Bandung, Tasikmalaya, hingga Yogyakarta. Acara yang berlangsung pada tanggal 4 Mei 2024 hingga 5 Mei 2024 ini, diselenggarakan oleh Indonesian Riverboarding Association (IRA).

Pada hari pertama, para peserta menginap di Edu Wisata Perlebahan Gunung Guntur, di mana mereka mengikuti sharing sessions yang membahas prosedur keamanan (safety procedure) dalam melakukan pengarungan, berbagi pengalaman, dan hiburan bersama band asal Papua. Kegiatan ini juga diakhiri dengan doa bersama untuk penggiat yang telah meninggal dunia.

Hari kedua, para peserta melakukan pengarungan di Sungai Cimanuk, dimulai dari Kampung Jager Desa Sukaratu hingga mencapai finish di Kampung Patrol Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Para peserta secara khusus diantar-jemput ke lokasi pengarungan dengan menggunakan mobil Pesona Garut (Sonagar).

Dengan jarak tempuh sejauh 9 kilometer, peserta menggunakan berbagai media pengarungan, mulai dari arung jeram dengan perahu karet, boarding, hingga kayak. Salah satu peserta, Krisna Bintang (23) dari Yogyakarta, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh IRA ini dan menikmati pengalaman mengarungi Sungai Cimanuk dengan kayak yang dibawa langsung dari Yogyakarta.

"Ya menyenangkan ya (ketika mengarung di Sungai Cimanuk), walaupun debit airnya sedang kecil tapi tetap menyenangkanlah selalu menyenangkan Sungai Cimanuk," ujar Bintang ketika diwawancara di Edu Wisata Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Minggu (5/5/2024) kemarin. 

Ia berharap IRA bisa rutin menyelenggarakan kegiatan seperti ini, bahkan bisa dilaksanakan di daerah-daerah lain di luar pulau Jawa.

Erwin Ramdani dari Jenggala juga merasa bersyukur dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan para penggiat arus deras, serta menikmati pengarungan sungai bersama.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut