get app
inews
Aa Read Next : Ada Selisih Sekitar 41 Ribu DPT di Garut Dari Pemilu Lalu

Poltekesos Dukung Adat Tarawangsa Sumedang Jadi Alat Ketahanan Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 | 17:35 WIB
header img
Adat tarian Tarawangsa desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Foto istimewa.

SUMEDANG, iNewsGarut.id – Tarawangsa adalah sejenis tarian yang mengandung filosofi keseimbangan hidup yang bersifat transfersal dan transedental. Tarawangsa merepresentasikan siklus hidup silih asah, silih asih, dan silih asuh.

Tarian tarawangsa ini masih dipegang teguh di Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Umumnya warga di Desa Pasirbiru dalam aktifitas kesehariannya memegang teguh adat tradisi budaya sunda, akur jeung dulur, panceg na galur, ngajaga lembur (rukun antar sesama, tunduk pada aturan, menjaga lingkungan).

Desa Pasirbiru, saat ini sudah masuk ke Desa maju, terimbas juga dengan keberadaan jalan tol cisumdawu. Dinamika masyarakatnya sangat beragam baik dari sisi aktifitas maupun pola mata pencahariannya. Umumnya mata pencaharian utamanya adalah pertanian, tapi data Desa menunjukkan sudah ada juga mata pencaharian lainnya.

Dinamika generasi mudanya juga sudah sangat berkembang, sudah terbiasa dengan teknologi informasi. Walaupun demikian keadaban, kesantunan budaya masih terasa sangat kental. Salah satu pengaruhnya adalah kekuatan adat tarawangsa yang menjadi alat menjaga kohesivitas sosial warga di Desa Pasirbiru.

Poltekesos melihat ini sebuah potensi untuk menjaga kearifan lokal dan ketahanan sosial masyarakatnya. Ini menjadi modal sosial warga Pasirbiru ditengah serbuan nilai-nilai baru jaman globalisasi dan milenial. 

Poltekesos sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan milik Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mengemban misi turunan dari visi dan misi utama Kemensos, dalam hal memaknai dan mengimplementasikan kesejahteraan sosial.

Tim Pengabdian Masyarakat Poltekesos mendukung penguatan adat tradisi tarawangsa ini. Tim yang beranggotakan Dr. TM. Marwanti, M.Si, Dr. Helly Ocktilia, Suharma, Ph.D, Drs. Benny Setia Nugraha, M.Si, perwakilan mahasiswa dan Tim Humas mengeksplore lebih mendalam adat tradisi ini.

Suharma menyebutkan bahwa Kemensos memiliki perhatian penuh pada penguatan kearifan lokal, karena ini bagian dari kesejahteraan sosial, dalam kaitan dengan pemberdayaan komunitas adat, dan ada bagian yang secara khusus menanganinya Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil dan Kewirausahaan Sosial.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut