get app
inews
Aa Read Next : Dekranasda Garut Resmikan Gapura Kampung Batik

Pengrajin Batik Garutan Dapatkan Bantuan 30 Kompor Listrik Dari Dekranasda Garut

Sabtu, 09 April 2022 | 09:30 WIB
header img
Pemberian bantuan kompor listrik dari Dekranasda Garut kepada Pembatik Garutan di Kampung Sanding.

GARUT, iNews.id – Bulan Suci Ramadhan 1443 H, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Garut, membagikan 30 buah kompor listrik kepada para pembatik Garutan yang tersebar di wilayah Garut Kota, diantaranya yaitu di Kampung Sanding, Kelurahan Muarasanding, Kampung Paledang, Kelurahan Kotakulon, dan Kampung Sisir, Kecamatan Samarang.

Pemberian bantuan kompor ini, diberikan secara simbolis kepada pembatik Garutan yang ada di Kampung Sanding dan Kampung Paledang.

Ketua Umum Dekranasda Garut, Diah Kurniasari, pihaknya sengaja memberikan langsung kompor listrik kepada para pembatik ini, di mana pihaknya menyiapkan 30 unit kompor listrik yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para pembatik batik Garutan, yang diakuinya saat ini mulai sulit ditemui.

"Ini kami memberikan sekitar 30 unit kompor listrik, karena kan ada pembatik itu sekeluarga, jadi tidak mungkin seorang satu, jadi kita bagi perkelompok seperti itu yang ada di rumah pembatik," tuturnya, Jum'at (8/4/2022).

Lanjut Diah, ia menjelaskan, kompor yang diberikan kepada pembatik ini merupakan kompor khusus yang ia pesan dari Yogyakarta, dan memiliki beberapa kelebihan, salah satunya yaitu asap yang dihasilkan tidak sebanyak kompos gas pada umumnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut