get app
inews
Aa Read Next : Cak Imin Sebut Kelakuan Satpol PP Buat Rakyat Ingin Slepet Garut

Kantor Pos Garut Endus Penyelewengan Pembagian BLT Minyak Goreng di Garut

Minggu, 17 April 2022 | 19:57 WIB
header img
Warga saat Antri Pembagian BLT Minyak Goreng di Garut

“Tapi saya dapat informasi yang dari (Jadwal) duhur ke sini jumlahnya menjadi Rp 500 ribu sesuai aturan, gak tahu kenapa,” kata dia. 

Tak ayal, sejak ditemukannya dugaan penyelewenangan itu, Sara bersama dengan KPM lainnya yang telah mendapatkan jatah beras 17 kg, berupaya untuk menukar ulang. “Apakah bisa diganti kan dengan uang tidak,” ujar dia bertanya kepada petugas pos.

Tidak hanya itu, Sara mengakui tanpa ada konfirmasi ia sengaja digiring membawa beras seberat 17 kg yang disiapkan di salah satu ruangan, berdampingan dengan kantor desa. 

“Kalau sesuai aturan kan harusnya ada minyak gorengnya, ini mah gak ada, saya jelas kecewe kalau tahu begini,” kata dia.

Imas Siti Qonaah, pendamping TKSK Kecamatan Pasirwangi mengakui jika beras yang diberikan kepada PKM penerima BLT minyak goreng berkualitas rendah.

“Tadi banyak warga yang mengeluhkan itu, harusnya kan beras premium, tapi buktinya bukan,” kata dia.

Dalam prosesnya, seluruh PKM telah mendapatkan kupon penukaran beras yang dibagikan pihak desa. “Jadi seluruh PKM ini disuruh ngambil beras di dekat kantor desa itu,” ujar dia menunjukan tempat pengambilan beras.

Kontan, kondisi itu menyalahi aturan, sebab sesuai intruksi pemerintah daerah (Pemda) Garut, seluruh bantuan yang diterima warga dalam bentuk uang, sementara soal tensi pembelian barang diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

“Saya menduga ada indikasi diarahkan, berasnya yang diterima KPM beras jelek, tidak sesuai dengan kualitas beras premium,” kata dia.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut