get app
inews
Aa Read Next : Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Desa Talagasari Bantu Petani Membajak Sawah

Setahun Emban Amanat Rakyat, Ini Jejak Kerja Enjang Tedi di DPRD Jabar

Senin, 25 Maret 2024 | 11:32 WIB
header img
Anggota DPRD Jabar Enjang Tedi saat bertemu dengan masyarakat. Foto istimewa.

“Di area Bagendit, kan, ada amfiteater. Itu bisa dimanfaatkan juga sebagai tempat pertunjukan. Jadi, pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan alam, tapi juga dikenalkan seni budaya Garut," ujar Enjang Tedi.

Ia menyarankan agar para pemangku kepentingan membuat paket wisata yang akan menarik animo wisatawan. Salah satunya dengan menggelar pertunjukan seni budaya dari Garut. Dengan begitu, selain potensi wisata bisa dimaksimalkan, para pelaku seni budaya juga diberdayakan, sehingga gairah kesenian di Garut semakin dinamis.

Ada banyak seni budaya dari Garut yang bisa ditampilkan, seperti Tari Topeng Koncaran, Surak Ibra, Boboyongan, Lais, Pencak Silat, Dodombaan, Hadro, Bangklung, Pecak ular, Badeng, Raja Dogar, dan Debus.

Dongkrak PAD

Bila digarap serius, Enjang meyakini kalau sektor pariwisata dan budaya bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Begitupun dalam pengembangan ekonomi kreatif. “Di Kabupaten Garut, ekonomi kreatif harus bisa meningkatkan PAD dan membuka lapangan kerja,” tandasnya.

Ia pun tidak tinggal diam. Enjang mengajak para pelaku dan komunitas ekonomi kreatif di Garut yang tergabung dalam Garut Creative Hub dan Moka Jajaka (Moka) Garut untuk berbincang seputar persoalan tersebut.

Diyakini, ekonomi kreatif merupakan salah satu aktivitas ekonomi yang berperan penting dalam menopang ketahanan ekonomi masyarakat, memajukan pembangunan, mengembangkan inovasi, kreativitas dan daya saing, hingga mewujudkan pertumbuhan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja.

Untuk itu, sektor ekonomi kreatif perlu diberikan dukungan penuh, karena punya peran besar dalam pertahanan ekonomi nasional. Terlebih, para pelaku usahanya banyak anak muda, dan itu bisa menjadi solusi dalam menjawab tantangan bonus demografi.

Hatur nuhun, warga Garut

Setahun mengemban amanat rakyat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat menjadi momentum paling berharga bagi Enjang Tedi. Ia mengaku bersyukur diberi kesempatan itu, karena bisa membantu masyarakat sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

“Hatur nuhun kepada semua warga Garut yang telah sama-sama berjuang untuk membuat Garut lebih maju. Mohon maaf bila saya belum maksimal dalam menjalankan amanat ini. Sebagai manusia biasa, tentu saya banyak kekurangan. Saya minta maaf,” tutur Enjang Tedi menutup perbincangan tentang beberapa jejak kerjanya selama satu tahun menjadi anggota DPRD Jawa Barat.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut