get app
inews
Aa Read Next : Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin-Kamis Lengkap dengan Terjemahnya

Puasa di Bulan Muharram Tanggal Berapa? Simak Bacaan Niat dan Keutamaan

Jum'at, 29 Juli 2022 | 08:28 WIB
header img
Puasa di Bulan Muharram dilaksanakan tanggal 1, 9 dan 10 Muharram. Ada banyak keutamaan puasa sunnah ini. (Foto: Freepik)

Ada beberapa macam puasa yang bisa dikerjakan di bulan Muharram.  Puasa sunnah di bulan Muharram itu antara lain adalah Puasa Muharram, Puasa Tasu'a, dan Puasa Asyura.  

Puasa sunnah Muharram boleh dilakukan mulai tanggal 1 Muharram, pertengahan bulan maupun akhir bulan. Sedangkan puasa Tasu'a (9 Muharram) dilaksanakan Minggu, 7 Agustus 2022 dan puasa Asyura (10 Muharram) jatuh pada hari Senin, 8 Agustus 2022. 

Ustaz Muhammad Ajib MA dari rumah Fiqih Indonesia menjelaskan, puasa di bulan haram salah satunya Muharram sangat disunnahkan untuk dikerjakan.  

Jumhur ulama dari tiga madzhab yakni Hanafi, Maliki dan Hambali juga sepakat dengan kesunnahan puasa Muharram.  

Dia menjelaskan, Imam An Nawawi, para ulama Syafi'iyah berkata di antara puasa yang mustahab yang dianjurkan yaitu puasa di bulan-bulan haram yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Dari empat bulan itu yang paling afdhal atau utama yaitu puasa di Bulan Muharram. Syeikh Nawawi Al Bantani dalam kitabnya Nihayatuz Zain mengatakan, puasa sunnah yang levelnya tinggi atau dianjurkan di antaranya puasa Arafah dan puasa-puasa di Bulan Haram. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut