get app
inews
Aa Read Next : Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin-Kamis Lengkap dengan Terjemahnya

Puasa di Bulan Muharram Tanggal Berapa? Simak Bacaan Niat dan Keutamaan

Jum'at, 29 Juli 2022 | 08:28 WIB
header img
Puasa di Bulan Muharram dilaksanakan tanggal 1, 9 dan 10 Muharram. Ada banyak keutamaan puasa sunnah ini. (Foto: Freepik)

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Insya Allah jika sampai tahun yang akan datang aku akan shaum pada hari kesembilannya”. Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal sebelum sampai tahun berikutnya” (HR Muslim 1134). 

صوموا يوم عاشوراء وخالفوا فيه اليهود وصوموا قبله يوما أو بعده يوما 

“Puasalah hari Asyura’ dan jangan sama dengan model orang Yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.” (HR. Ahmad, Al Bazzar). 

Niat Puasa Tasu'a (9 Muharram): 

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوْعَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى 

Nawaitu Shouma Taasuu'aa Sunnatan Lillahi Ta'ala. "Aku niat berpuasa Tasu'a (hari kesembilan Muharam) sunnah karena Allah Ta'ala". 

3. Puasa Asyura (10 Muharram / 8 Agustus 2022) 

Di Bulan Muharram, ada satu hari yang sangat istimewa yakni Hari Asyura atau hari ke-10 di Bulan Muharram. Asyura berasal dari kata asyara, artinya bilangan sepuluh. Puasa Asyura jatuh pada Senin, 8 Agustus 2022. 

Di hari itu, dianjurkan untuk menjalankan Puasa Asyura. Hukum puasa Asyura adalah sunnah; maksudnya dianjurkan dan berpahala bagi yang mengerjakannya namun tidak berdosa bagi yang tidak mengerjakannya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut