get app
inews
Aa Read Next : Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin-Kamis Lengkap dengan Terjemahnya

Puasa di Bulan Muharram Tanggal Berapa? Simak Bacaan Niat dan Keutamaan

Jum'at, 29 Juli 2022 | 08:28 WIB
header img
Puasa di Bulan Muharram dilaksanakan tanggal 1, 9 dan 10 Muharram. Ada banyak keutamaan puasa sunnah ini. (Foto: Freepik)

"Di Bulan Muharram itu diperbanyak puasa sunnah. boleh dilakukan kapan pun tanggal 1 , 2 atau tengah2 bulan. Puasa Muharam bukan hanya tanggal 9-10 saja. Selain kedua tanggal itu juga sangat dianjurkan. Misalnya tanggal 1 Muharram yang merupakan penanda tahun baru Islam," katanya.

1. Puasa Muharram 

Puasa Muharram ini boleh dilakukan kapan pun mulai tanggal 1 Muharram bertepatan hari Sabtu, 30 Juli 2022, pertengahan ataupun akhir bulan haram. Puasa Muharram bukan hanya tanggal 9-10 saja. Selain kedua tanggal itu juga sangat dianjurkan. Misalnya tanggal 1 Muharram yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam. 

Bacaan Niat Puasa Muharram: 

نَوَيْتُ صَوْمَ مُحَرَّمٍ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى 

Nawaitu Shouma Muharramin Sunnatan Lillahi Ta'ala "Aku niat berpuasa di bulan Muharam sunnah karena Allah Ta'ala. 

2. Puasa Tasu'a (9 Muharram/7 Agustus 2022)  

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa tanggal 9 Muharram untuk membedakan diri dengan orang Yahudi yang hanya melaksanakan puasa tanggal 10 Muharram. Puasa Tasu'a ini dilaksanakan pada Minggu, 7 Agustus 2022. 

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: pada saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shaum Assyura dan memerintah para sahabat untuk melaksanakannnya, mereka berkata, “Wahai Rasulullah hari tersebut (assyura) adalah hari yang diagung-agungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani”. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut